Suasana jumpa pers Kapolri Cup Badminton Championships 2024 di Jakarta, Kamis (18/7/2024). Ajang ini digelar pada 22-27 Juli di Gedung Olahraga Universitas Negeri Jakarta dan GOR Kecamatan Pulogadung, Jakarta. (Humas PBSI)

Bulutangkis Kapolri Cup 2024 Siap Digelar

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Untuk kali pertama Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bekerjasama dengan Pengurus Pusat Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menggelar ajang bulutangkis bertajuk Kapolri Cup Badminton Championships 2024 pada 22-27 Juli di Gedung Olahraga Universitas Negeri Jakarta dan GOR Kecamatan Pulogadung, Jakarta.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Trunoyudo Wisnu Andiko mengungkapkan, cabang olahraga bulutangkis dipertandingkan sebagai cabor yang populer di masyarakat Indonesia. Hal tersebut diharapkan bisa membantu mengembangkan olahraga tepok bulu di Tanah Air. “Ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 tidak terlepas dari peringatan HUT ke-78 Bhayangkara. Salah satu kegiatannya di cabang olahraga ada bulutangkis yang populer di masyarakat Indonesia,” ungkap Trunoyudo seperti dikutip dari rilis Humas PBSI, Kamis (18/7/2024).

Ketua Panitia Kapolri Cup Badminton Championships 2024, Karopal Slog Polri Brigjen Pol Irman Sugema mengatakan, bahwa Kapolri Cup merupakan ajang pembibitan pebulutangkis muda. Diharapkan dari ajang ini bisa menjadi wadah buat pemain-pemain muda yang ke depannya bisa berprestasi di kancah nasional maupun internasional. “Kami dari panitia mendukung dan mendorong untuk mencari bibit-bibit pemain muda yang akan nantinya diharapkan bisa berprestasi menuju Indonesia Emas,” kata Irman.

Ajang Kapolri Cup didukung penuh PP PBSI yang membantu penyelenggaraan ajang tersebut. Adanya kolaborasi diharapkan menjadi ajang unjuk gigi bagi pebulutangkis muda. Wakil Sekretaris Jenderal PP PBSI Edi Sukarno mengungkapkan bahwa ajang Kapolri Cup mempertandingkan kategori umum dan khusus Polri. Untuk kelompok umur mulai dari U-15, U-17, dan U-19 akan turut ikut serta.

Adapun buat internal Polri tercatat 64 regu dari Polda dan satuan kerja juga turut ikut bertanding dengan sistem beregu. Nantinya di nomor ini setiap pertandingan memainkan tiga partai dari sektor ganda putra. “Sebanyak 480 peserta untuk kategori U-15, U-17, dan U-19 akan ikut serta. Dari Polri sebanyak 64 regu yang berasal dari Polda, Satker Mabes, dan jajaran juga turut serta,” ujar Edi.

Untuk kejuaraan internal Polri tercatat hanya akan mempertandingkan beregu dari sektor ganda putra. Adapun untuk pembinaan, masing-masing kelompok umur akan dipertandingkan lima nomor mulai dari tunggal putra-putri, ganda putra-putri, dan ganda campuran. Untuk kategori pembinaan ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 tetap menyajikan persaingan menarik, mengingat menyediakan poin nasional serta hadiah uang pembinaan, dan penghargaan berupa sertifikat serta medali.

Penyelenggaraan ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 ini terselenggara dengan adanya dukungan BNI, Yonex-Sunrise, Le Minerale, Kapal Api, Indofood, Indomilk, Isoplus, dan Sunpride. Menarik disaksikan ajang Kapolri Cup Badminton Championships 2024 yang jika sukses pada penyelenggaraan perdana, kelak akan rutin setiap tahun digelar dan masuk agenda kalender tetap PBSI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *