Tim yang akan berlaga di Kejuaraan Beregu Asia 2018 di Alor Setar, Malaysia, 6-11 Februari. (Istimewa)

Tim Bulutangkis Indonesia Siap Tempur

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengurus Pusat Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PP PBSI) menilai hasil para pemain Indonesia dalam turnamen India Open 2018, dapat menjadi modal Merah Putih untuk menghadapi Kejuaraan Beregu Asia 2018 yang menjadi juga kualifikasi Piala Thomas dan Uber. Di India Terbuka 2018 yang rampung pada Minggu (4/2) lalu, Indonesia mencetak dua gelar dari ganda putri dan ganda putra, serta satu posisi “runner-up” di nomor ganda campuran.

“Iya, ini memberikan satu gambaran kekuatan ‘team’ Indonesia di nomor ganda untuk Piala Thomas dan Uber,” kata Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Pengurus Pusat PBSI, Susi Susanti seperti dikutip dari Antara, Senin (5/2). Mereka yang memperoleh prestasi di turnamen level 4 (Super 500) ini, adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu di ganda putri, setelah menumbangkan pasangan Thailand, Jongkolphan Kittiharakul/Rawinda Prajongjai, 21-18, 21-15.

Selanjutnya, adalah Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di ganda putra, usai menundukan duet Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, dengan skor 21-14, 21-16. Sedangkan yang meraih runner-up di New Delhi, adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di ganda campuran usai tak bisa meraih kemenangan dari wakil Denmark, Mathias Christiansen/Christinna Pedersen, dalam pertarungan yang berkesudahan 14-21, 15-21.

Sayangnya di tunggal putra dan putri, wakil-wakil Indonesia harus terhenti di putaran-putaran awal. Tanpa ada pemain-pemain pemusatan latihan nasional (pelatnas) di babak utama karena lebih difokuskan pada kualifikasi Piala Thomas dan Uber, Tommy Sugiarto di tunggal putra dan Lyanny Alessandra Mainaky di tunggal putri, harus terhenti di putaran dua.

Kendati tak mengirimkan kekuatan utama di India Terbuka 2018, PBSI mengharapkan raihan dua gelar dan satu runner-up, memberikan semangat pada nomor tunggal putra dan putri. “Kami berharap, hasil ini memberikan semangat juga kepada atlet lain, terutama nomor tungal, agar bisa tampil lebih baik untuk bisa menyumbangkan poin di kejuaraan beregu Asia,” ucap Susi, menambahkan.

Kejuaraan Beregu Asia 2018 sendiri, akan berlangsung di Stadion Sultan Abdul Halim, Alor Setar, Kedah, Malaysia, pada 6-11 Februari 2018.