Peserta lomba merangkai Sambungan Langganan Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi. (humas)

Semarak HUT ke 43: Lomba Merangkai SL, Asah Keterampilan Pegawai Perumda Tirta Bhagasasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Guna memeriahkan HUT ke 43 Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Bhagasasi Bekasi, sejumlah kegiatan digelar. Salah satu diantaranya, merangkai Sambungan Langganan (SL) yang merupakan pekerjaan sehari-hari para “Tukang Ledeng”.

Kali ini, lomba merangkai SL dilaksanakan di halaman parkir Kantor Pusat di Cikarang Pusat, Rabu (25/9/2024).

Perlombaan itu diikuti jajaran dewan pengawas, direksi, Kepala Bagian, Kepala Cabang, Kepala Sub Bagian dan Kantor Cabang Pembantu. Ada 54 tim yang bertanding merangkai SL kategori domestik atau rumah tangga.

Dalam ajang perlombaan merangkai SL tahun 2024 ini, terdapat dua kategori yakni, kategori pemangku jabatan dan kategori Kantor Cabang Pembantu (KCP).

Dalam setiap sesi pertandingan, sebanyak empat tim diadu ketepatan dan kecepatannya dalam merangkai SL. Tak sedikit perwakilan tim yang mengikuti lomba ini basah kuyup karena air yang keluar dari pipa ketika pemasangan SL bertekanan 4 Bar.

Kasubag Distribusi Perumda Tirta Bhagsasi, Akhmad Akromusyuhada menamakan ajang merangkai SL ini dengan perlombaan prestasi. Selain itu, perlombaan ini juga sudah digelar selama tiga musim dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Perumda Tirta Bhagasasi ke 43.

“Karna ini adalah ajang keterampilan, jelas mengasah keterampilan daripada seluruh karyawan dan karyawati Perumda Tirta Bhagasasi dalam hal teknik yaitu merangkai SL,” ucap Akhmad Akromusyuhada.

Pada tahun 2024 ini, terdapat penghargaan khusus bagi partisipan perempuan yang mengikuti perlombaan merangkai SL. Penghargaan itu diberikan guna memotivasi bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama dengan laki-laki dalam bidang teknik di Perumda Tirta Bhagasasi.

“Karyawan perempuan pun bisa menjadi staf teknik, bisa menjadi pekerja dilapangan, dibuktikan dengan salahsatu cabang yang bisa mengungguli dari teman-teman laki-lakinya,” tambahnya.

Dalam lomba merangkai SL ini, ketepatan waktu selama 15 menit dan kerapihan serta tingkat kebocoran dari rangkaian SL menjadi tolak ukur penilaian.

Sebanyak tiga dewan juri yang berasal dari ahli bidang teknik Perumda Tirta Bhagasasi, dilibatkan untuk menilai hasil rangkaian-rangkaian SL yang dirakit oleh peserta.

“Jadi bocornya ada berapa titik dan berapa resiko kebocoran air terbuangnya. Itu akan kita hitung. Karna juri kami kebetulan senior-senior kami yang sudah purnabakti, jadi mereka lebih berpengalaman,” terang Akhmad.

Dengan ajang merangkai SL ini, Akhmad berharap para karyawan dan karyawati Perumda Tirta Bhagasasi dapat menambah pengalaman dan pengetahuannya dibidang teknik. Menurutnya, pemasangan rangkaian SL ini merupakan hal kecil dalam proses instalasi air bersih.

“Harapan kami terutama di divisi teknik, kita harus bisa andil dan harus bisa mahir dalam hal perteknikan,” tandasnya.

Direktur Utama Perumda Tirta Bhagasasi Reza Lutfi berharap dengan adanya lomba ini, dapat semakin meningkatkan profesional para karyawan dalam pekerjaan sehari- hari.

“Lomba merangkai SL sudah rutin dilakukan setiap peringatan HUT tiap tahun. Ini pekerjaan yang sudah tidak asing lagi bagi kami para Tukang Ledeng”, tambah Direktur  Teknik Johny Dewanto.

Hasil dari perlombaan  kategori Kantor Cabang Pembantu (KCP), juara I diraih  KCP Tambun Utara.  Juara II Kantor Cabang Rawa Tembaga. Juara III KCP Babelan,  dan juara IV diraih  KCP Sukatani. Sedangkan pada kategori pemangku jabatan, juara I diraih  Kantor Cabang Pondok Ungu yang bergabung dengan Bagian Pengendali Kehilangan Air (PKA), dan juara II diraih Kepala Bagian IT dan bagian Mekanikal Elektronik (ME).

Perlombaan ini menjadi ajang tontonan para karyawan. Masing-masing karyawan Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu saling memberikan semangat kepada peserta guna meraih kejuaraan. (jonder sihotang)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *