Himpo : Swasembada Pangan Dapat Terwujud dengan Pemakaian Pupuk Berimbang

Loading

Jakarta (IndependensI.com) – Presiden Prabowo Subianto dalam pidato pertamanya menyampaikan sejumlah program dan gagasannya untuk membangun Indonesia kedepan. Salah satunya mencanangkan Indonesia dapat mencapai swasembada pangan dalam waktu singkat 4-5 tahun di masa kepemimpinannya.

Gagasan Presiden RI ke 8 ini, mendapat dukungan penuh dari Himpunan Produsen Pupuk Organik (Himpo) Indonesia, yang siap merealisasikan cita-cita Presiden Prabowo.

“Himpo siap mendukung dan siap menjadi garda terdepan merealisasikan cita-cita pak Presiden ke 8 bapak Prabowo Subianto untuk swasembada pangan 4-5 tahun kedepan,” kata Alvian Luneto Wakil Ketua Umum Himpo Indonesia, Minggu (20/10/2024).

Alvian menjelaskan, untuk mewujudkan cita-cita tersebut kuncinya adalah pemakaian pupuk yang berimbang, antara pupuk organik dan pupuk anorganik. Hal ini perlu dilakukan karena kondisi lahan pertanian di Indonesia telah mengalami penurunan kualitas.

“C organik rata-rata di indonesia ini dibawah 2 persen, sehingga pupuk organik sangat dibutuhkan. Dengan pupuk organik, maka kesuburan tanah dapat terjaga, sehingga dapat tumbuh subur,” katanya.

Alvian melanjutkan, saat ini Himpo memiliki 132 anggota yang masing-masing memiliki pabrik pupuk organik yang tersebar di Indonesia. “Himpo indonesia sangat siap untuk mendukung program tersebut. Himpo indonesia siap mensukseskan program pak Prabowo,” katanya.

Sementara itu, Wakil Sekretaris Jendral Himpo, Ardiansyah Jombat mengatakan, mewujudkan swasembada pangan juga diperlukan perencanaan untuk pengembangan kawasan perlindungan organik yang terfokus pada pertanian organik. Sehingga dapat mendorong produksi pangan yang lebih baik dan berkelanjutan.

“Himpo Indonesia sudah membangun komunikasi dan koordinasi untuk bersinergi dengan Kementerian Pertanian dan Pupuk Indonesia untuk merealisasikan program tersebut,” ucapnya.

Sebelumnya diberitakan, pada pidato pertamanya di Gedung MPR RI, Presiden Prabowo Subianto optimis dalam kurun empat sampai lima tahun dari sekarang, Indonesia bisa mencapai swasembada pangan.

“Saya sudah mempelajari dengan pakar yang membatu saya. Saya yakin paling lambat empat sampai lima tahun kita mencapai swasembada pangan,” kata Prabowo.

Prabowo menyatakan, swasembada pangan mutlak diperlukan agar Indonesia tidak lagi bergantung impor dari negara lain. Sebab, jika dalam kondisi genting, tidak akan ada negara yang mau menyuplai pangannya kepada negara lain. “Karena itu, tidak ada jalan lain. Dalam waktu yang sesingkat-singkatnya, kita harus mencapai ketahanan pangan,” ucap Prabowo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *