Pemkab Bersama Polresta Cirebon Berikan Makanan Bergizi Gratis di Sekolah Terpencil

Loading

CIREBON (IndependensI.com) – Pemerintah Kabupaten Cirebon bersama Polresta Cirebon memberikan Makanan Bergizi Gratis (MBG) kepada para siswa SDN 3 Cipanas yang berlokasi di Kampung Pagar Gunung, Desa Cipanas, Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon, Rabu (23/10/2024).

Sekadar diketahui, Kampung Pagar Gunung merupakan daerah yang langsung berbatasan dengan Kabupaten Majalengka.

Oleh karena itu, program ini dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan dan kesehatan anak-anak di wilayah terpencil.

Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya, turut hadir dalam kegiatan ini. Ia menyampaikan, bahwa pemberian makanan bergizi gratis merupakan inisiatif Polresta Cirebon sekaligus mendukung program nasional.

“Kami berkunjung langsung ke SDN 3 Cipanas dan membagikan makanan bergizi kepada para siswa. Selain itu, saya juga memberikan motivasi, agar anak-anak semakin terbuka wawasan dan semangatnya,” ujar Wahyu usai kegiatan.

Wahyu berharap, meski hanya memiliki 64 siswa, anak-anak di SD tersebut tetap dapat berprestasi dan tidak merasa tertinggal dibandingkan dengan sekolah lain.

Ia melanjutkan, program ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi berbagai pihak untuk lebih memperhatikan sekolah-sekolah di wilayah terpencil.

“Kami ingin memastikan bahwa semua anak, di manapun mereka berada, memiliki hak yang sama untuk menerima gizi dan pendidikan yang baik,” pungkasnya.

Sementara itu, Kapolresta Cirebon, Kombes Pol Sumarni mengungkapkan alasan pemilihan SDN 3 Cipanas, karena lokasinya yang berada di perbatasan Kabupaten Cirebon dengan Majalengka.

“Sekolah ini merupakan salah satu sekolah terpencil di Kabupaten Cirebon, berada di wilayah paling ujung dan sulit dijangkau,” ujar Sumarni.

Pemberian MBG ini juga selaras dengan program pemerintah pusat untuk meningkatkan gizi anak-anak sekolah untuk mencapai generasi emas 2045.

“Menu yang kami berikan cukup lengkap, mulai dari nasi, daging teriyaki, telur bulat, sayuran, buah jeruk, susu, puding, hingga air mineral,” tukasnya.

“Harapannya, ini bisa memotivasi mereka, agar kelak menjadi anak-anak yang sukses,” imbuhnya. ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *