Presiden Hadiri Karnaval Kemerdekaan, Ridwan Kamil Beri Hadiah Bagi yang Tampil Unik

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo bertolak ke Kota Bandung, Jawa Barat, untuk menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 sebagai puncak peringatan Hari Ulang Tahun Ke-72 Kemerdekaan RI.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Sabtu (26/8/2017), sekitar pukul 11.15 WIB.

Presiden Jokowi dan rombongan akan memulai kunjungan kerjanya ke Kota Bandung untuk menghadiri Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo yang dijadwalkan turut berpartisipasi sebagai peserta dalam gelaran karnaval tersebut akan menaiki Kereta Pancasila yakni mobil hias hasil rancangan lima seniman Bandung.

Hiasan mobil tersebut menyiratkan makna budaya kerja dan gotong royong dalam laku budaya kebersamaan.

Sementara itu, peserta yang dijadwalkan akan memeriahkan karnaval antara lain Drumband Changka Panorama Secapa TNI AD, Paskibraka Jawa Barat, Jember Fashion Carnival, Solo Batik Carnival, pemain enggrang Jack Obin, rombongan Atlet Senam Indah Kota Bandung, Rombongan Rebana Pondok Pesantren Nurul Iman, Barisan Jaka Tarub, Kuda Renggong Sumedang, Komunitas Cosplay Bandung, dan kerja sama masyarakat adat.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan sebagai kementerian yang menjadi tuan rumah bagi karnaval ini sangat berharap penyelenggaraan Karnaval Kemerdekaan Pesona Parahyangan 2017 dapat berlangsung lancar.

“Karnaval kali ini merupakan pincak perayaan nasional HUT RI ke-72 di Indonesia. Pawai ini akan menampilkan ragam budaya khas tiap provinsi,” ujar Menpar.

Tiga karnaval terbaik Indonesia juga akan tampil, yakni Jember Fashion Carnaval, Solo Batik Carnival, dan Tomohon Flower Carnaval juga akan hadir bersama warga Bandung.

Dengan diikuti ribuan peserta dan disaksikan langsung masyarakat Bandung serta seluruh masyarakat Indonesia melalui siaran televisi ataupun sosial media dipastikan nama Bandung akan semakin terangkat.

Menurut Arief Yahya, dampak dari ribuan wisatawan yang hadir akan langsung dirasakan masyarakat.

“Presiden akan menjadi endorser utama acara ini sekaligus semakin mempromosikan Kota Bandung dan sekitarnya sebagai destinasi wisata menarik. Ini saatnya destinasi wisata Bandung didorong dan dipromosikan,” kata Arief Yahya.

Pemilihan Bandung menurut Menpar karena kota tersebut dikenal sebagai salah satu kota kreatif dengan perkembangan komunitas terbanyak di Indonesia.

“Selain itu, dipilihnya Kota Bandung sebagai tuan rumah pelaksanaan karnaval, diharapkan akan semakin memperkuat posisi Bandung sebagai pusat industri kreatif dan destinasi karnaval berkelas dunia. Mari Berkarnaval, Nyalakan Api Semangat Kerja Bersama, Salam Pesona Indonesia,” ujar Menpar Arief Yahya.

Warga Disarankan Saksikan Karnaval di Dago

Di bagian lain, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menyarankan warga dari dalam maupun luar Kota Bandung yang ingin menyaksikan iring-iringan Karnaval Kemerdekaan dapat menempati Jalan Ir. H. Djuanda (Dago).

“Saya sarankan kalau mau nyaman nih datangi titik Jalan Dago,” ujar Ridwan Kamil di Bandung, Sabtu.

Menurutnya, apabila warga menonton arak-arakan di Jalan Dago seluruh momen bisa disaksikan. Bahkan, iring-iringan ini akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo hingga Taman Vanda.

Berdasarkan jadwal, arak-arakan akan dimulai sekitar pukul 14.00 hingga pukul 17.00 WIB dengan rute Gedung Sate – Jalan Ir.H. Djuanda – Jalan Merdeka (Taman Vanda) – Jalan Tamblong dan berakhir di Jalan Asia Afrika.

“Karena jalan Dago itu kan dua arah, dan ada median jalan. Satu arah untuk arak-arakan, satu arah untuk warga mau duduk, mau berdiri, sangat luas,” kata dia.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Emil ini juga akan membagikan hadiah pada masyarakat yang berpenampilan unik, menarik, dan kreatif saat pelaksanaan Karnaval Kemerdekaan.

“Untuk foto perorangan, siapa yang selfi-nya paling keren ada hadiah sepeda buat tiga orang yang unik yang pake baju adat atau baju perjuangan,” kata dia.

Selain itu, ia juga akan memberikan hadiah untuk tiga kelompok yang mengunggah foto terunik di media sosial. Hadiah yang akan diberikan pun berbeda, Emil akan mengajak para pemenang untuk makan malam bersama. (antaranews)