Jambore Kebangsaan Wirausaha Lahirkan Deklarasi Cibodas

JAKARTA (IndependensI.com) – Kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha angkatan pertama yang digelar sejak Selasa-Sabtu (24-28 Oktober 2017) melahirkan Deklarasi Cibodas untuk meneruskan perjuangan generasi muda.

“Jadilah wirausaha muda yang memberikan kontribusi penting membangun Bangsa Indonesia,” kata Ketua Pelaksana Jambore Kebangsaan dan Wirausaha Agus Harta di Jakarta, Minggu (29/10/2017).

Agus menitipkan pesan bagi wirausaha dan generasi muda agar berpegang teguh kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai dasar negara Indonesia.

Agus mengungkapkan Deklarasi Cibodas menegaskan sejarah Bangsa Indonesia diawali kebangkitan pemuda pada 1908 dan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Cita-cita dan perjuangan generasi pemuda terwujud usai Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Agus menyatakan Deklarasi Cibodas menegaskan ikrar generasi muda Indonesia mengokohkan semangat persatuan, gotong royong dan patriotisme dalam mengawal Pancasila dan NKRI.

Sementara itu, Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Agung Budi Maryoto yang diwakili Komisaris Besar Polisi Endang menutup rangkaian kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha.

Kapolda Jawa Barat berpesan para peserta Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang mayoritas diikuti generasi muda harus dapat mengambil sisi positif kegiatan tersebut sebagai modal pada masa depan.

“Agar kalian tumbuh menjadi pengusaha sukses yang membanggakan bangsa dan negara,” tutur Kombes Polisi Endang sebagaimaan dikutip Antara.

Kegiatan Jambore Kebangsaan dan Wirausaha yang digelar di Cianjur Jawa Barat itu diikuti 15 organisasi kepemudaan seperti Forum Cipayung Plus, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Himpunan Mahasiswa Persis, Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) dan GEMA Mathlaul Anwar.