Ian Wright
Ian Wright. (foto istimewa)

Legenda Arsenal “Serang” Wenger

JAKARTA (IndependensI.com) – Legenda Arsenal, Ian Wright, melancarkan serangan tajam ke manajer klub Arsene Wenger.

Striker yang mengemas 185 gol untuk The Gunners itu mengatakan bahwa yang terbaik bagi pelatih asal Prancis itu tidak memperpanjang masa tugasnya setelah musim ini.

Arsenal bertengger di peringkat 6 klasemen Liga Primer 2017/2018, tertinggal 27 poin di bawah pemimpin klasemen Manchester City. The Gunners dikalahkan City 0-3 di final Piala Liga, Minggu (25/2/2018), sehingga hanya Liga Europa sebagai satu-satunya target piala yang realistis setelah tersingkir dini di Piala FA.

Wright, yang bermain 213 game dalam tujuh tahun di Arsenal, mengatakan klub tersebut mengalami stagnasi jauh sebelum final Piala Liga mengubur mereka. “Ada dalih (dari Wenger) dan dia memperlakukan tim secara protektif,” kata Wright kepada BBC.

“Apakah dia bertahan pada akhir musim ini, saya tidak ingin berdebat, saya tidak yakin ada yang bisa. Perkembangan yang biasa-biasa saja ini harus dihentikan.”

Arsenal terakhir memenangkan gelar liga pada tahun 2004 dan belum pernah memenangkan Liga Champions selama masa pemerintahan Wenger selama 22 tahun dengan Piala FA dan Piala Liga sebagai satu-satunya trofi dalam beberapa tahun terakhir.

Wright, yang pensiun pada tahun 2000, menegaskan Arsenal harus mengganti pelatih sesegera mungkin. Sebab, klub butuh waktu bertahun-tahun untuk mendapatkan kembali status mereka sebagai salah satu pesaing elite Eropa.

“Saya ingin Arsenal lebih menantang lagi, menandatangani pemain yang akan membuat Anda bersemangat,” tambah Wright. “Berapa lama waktu yang dibutuhkan Arsenal untuk kembali? Ini membutuhkan beberapa tahun ke depan.”

Pria berusia 54 tahun itu juga mempertanyakan minat pemegang saham mayoritas Arsenal, Stan Kroenke, di klub tersebut setelah pemiliknya mengabaikan pendapat para penggemar untuk menyerahkan kesepakatan baru kepada Wenger pada akhir musim lalu.(BM/ist)