foto istimewa

Mensos Idrus Marham: Presiden Perintahkan Penanganan Bencana Harus Menyeluruh

BREBES (IndependensI.com)  – Menteri Sosial Idrus Marham menegaskan bahwa Presiden Joko Widodo memerintahkan penanganan bencana dilakukan secara menyeluruh dan tidak boleh sedikit demi sedikit.

“Penanganan bencana harus dilakukan berkesinambungan dan menyeluruh, serta tidak boleh dilaksanakan sedikit demi sedikit,” kata Idrus Marham saat berkunjung ke lokasi bencana tanah longsor di Desa Pasir Panjang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa.

Mensos mengatakan pemkab harus memastikan anak bangsa yang sedang terkena bencana itu terurus dan mendapatkan bantuan makanan. Mereka harus mendapat tempat agar tidak kehujanan dengan menyiapkan tenda-tenda pengungsian.

“Adapun bagi korban luka-luka juga harus diobati. Namun, saat ini, Alhamdulillah semua korban bencana dapat diurus dengan baik berkat kerja keras pemerintah, TNI/Polri, Basarnas dan BPBD,” kata Mensos.

Pada kesempatam itu, Mensos juga menyampaikan pemkab perlu mengiventarisasi para korban yang terkena dampak bencana dengan disiapkan jaminan hidup dan hunian sementara.

“Akan tetapi hal yang penting lagi, selain pemenuhan kebutuhan hidup terhadap para korban adalah perbaikan jembatan,” pungkas Mensos.

Sementara Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo menyampaikan dirinya bersama Mensos ikut berbela sungkawa kepada keluarga dan kerabat para korban meninggal dunia pada bencana di Desa Pasir Panjang itu.

“Kami juga menyampaikan apresiasi kepada Taruna Siaga Bencana yang terus melakukan pencarian korban hilang hingga hari keenam,” tutup Bamsoet.