Sekda Banten, Ranta Soeharta
Sekda Banten, Ranta Soeharta. (foto istimewa)

Banten Tekad Pertahankan Gelar MTQ di Sumut

JAKARTA (IndependensI.com) – Provinsi Banten bertekad untuk mempertahankan gelar juara umum Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat nasional di Sumatera Utara bulan Oktober 2018 mendatang.

Berbagai persiapan dilakukan, salah satunya menjaring qori-qoriah terbaik melalui MTQ tingkat Provinsi Banten yang akan digelar hari ini hingga 19 April 2018 mendatang.

“Kita punya beban berat karena harus mempertahankan juara umum yang sebelumnya didapatkan dari NTB,” kata Sekda Banten, Ranta Soeharta, Senin (16/04/2018).

Dia menjelaskan, untuk menghasilkan qori-qoriah terbaik pihak Pemprov Banten akan menyaring talenta melalui pelaksanaan MTQ ke 15 tingkat Provinsi Banten. “Kita ini hasil (MTQ) maksimal. Mempertahankan juara umum lebih sulit. Tapi kita optimistis menjadi juara,” ujarnya.

Ketua Harian LPTQ Banten Syibli Sarjaya menambahkan, Sumatera Utara sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Nasional tahun ini sudah mempersiapkan qori-qoriah terbaik agar merebut juara umum dari Provinsi Banten.

“Kalau ada peserta di MTQ tingkat Provinsi cabutan akan repot, ditolak di nasional. Kita kerja sama dengan Dukcapil. Data lengkap di kita sudah kita arsipkan,” katanya.

Rencananya, MTQ ke 15 akan mempertandingkan Cabang Tilawah Al-Qur’an Gol. Qira’at Al-Qur’an dan Golongan Dewasa, Cabang Syarhil Qur’an, Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan Cacat Netra dan Murattal, Cabang Tilawah Al-Qur’an Golongan Remaja dan Anak-anak.

Kemudian, Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan Tahfizh 1 dan 5, Cabang Tahfizh Al-Qur’an Golongan 10 dan 20 Juz, Cabang Tahfizh Golongan 30 Juz dan Cabang Tafsir Golongan Bahasa Arab, Cabang Tafsir Al-Qur’an Golongan Bahasa Indonesia dan Inggris, dan sebagainya.(BM/ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *