Danny Welbeck
Danny Welbeck. (foto istimewa)

Arsenal Melaju ke Perempat Final Liga Europa 2018

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Arsenal akhirnya lolos ke perempat final Liga Europa 2018 setelah menundukkan AC Milan 3-1.

Kemenangan besar di  leg kedua babak 16 Besar, membuat The Gunners menang agregat 5-1 setelah di leg pertama unggul 2-0.

Pada pertandingan yang berlangsung di Emirates Stadium, Jumat (16/3/2018), Arsenal yang hanya mencari hasil imbang di luar dugaan berani bermain menyerang. Meski sempat dikejutkan oleh serangan Milan di menit awal, mereka mampu bangkit dan menekan.

Pertahanan Milan berhasil digempur serangan bergelombang. Milan sendiri mencoba sabar sambil mencari celah dari serangan balik.

Taktik sedikit membuahkan hasil ketika di menit 35, Hakan Calhanoglu membungkus gol indah. Sepakan kerasnya dari luar kotak penalti berhasil memperdaya kiper The Gunners yang dikawal David Ospina.

Gol ini ternyata membuat pertandingn makin menarik. Arsenal hanya butuh waktu empat menit menyamakan kedudukan.

Adalah Danny Welbeck yang menjadi aktor lahirnya gol penyeimbang. Ia yang mencoba menusuk ke kotak penalti terlihat dilanggar Rodrigo Rodriguez. Meski dalam tayangan ulang tidak terlihat adanya kontak fisik, wasit tetap pada keputusannya untuk memberikan hadiah penalti pada Arsenal.

Welbeck yang menjadi algojo mampu menjalankan tugasnya dengan baik setelah tendangannya mengecoh Gianluigi Donnarumma.

Di babak kedua, Rosonerri yang tak mau menyerah. Anak asuh Gennaro Gattuso mencoba mengambil inisiatif serangan. Tapi upaya mereka selalu kandas.

Sebaliknya Arsenal yang terus memperagakan permainan menekan berhasil menambah gol di menit 70 melalui Granit Xhaka. Lagi-lagi tembakan jarak jauh menyusur tanah gagal diantisipasi Donnarumma.

Di pengujung laga, Welbeck kembali mencatatkan namanya di papan skor. Kali ini ia berhasil memanfaatkan kemelut di mulut gawang Milan dengan tandukan kepala. Skor 3-1 ini pun bertahan sampai bubaran. Tambahan tiga gol ini membuat Arsenal menang agregat 5-1 dan melenggang ke perempat final Liga Europa 2018.(exe/ist)

Susunan Pemain 
Arsenal (4-2-3-1)
David Ospina, Hector Bellerin, Laurent Koscielny (Calum Chambers), Shkodran Mustafi, Nacho Monreal, Aaron Ramsey, Granit Xhaka, Mesut Oezil (Sead Kolasinac), Jack Wilshere, Henrikh Mkhitaryan (Mohamed Elneny), Danny Welbeck
Cadangan : Petr Cech, Alex Iwobi, Calum Chambers, Ainsley Maitland-Niles, Sead Kolasinac, Mohamed Elneny, Edward Nketiah
Pelatih : Arsene Wenger

AC Milan (4-4-2)
Gianluigi Donnarumma, Fabio Borini, Leonardo Bonucci, Alessio Romagnoli, Ricardo Rodriguez, Suso, Riccardo Montolivo, Franck Yannick Kessie (Manuel Locatelli), Hakan Calhanoglu (Giacomo Bonaventura),  Andre Silva, Patrick Cutrone (Nikola Kalinic)
Cadangan : Giacomo Bonaventura, Nikola Kalinic, Cristian Zapata, Lucas Biglia, Mateo Pablo Musacchio, Marco Storari, Manuel Locatelli
Pelatih : Gennaro Gattuso