Kenaikan Suku Bunga Pilihan Sulit, Berpotensi Ganggu Pertumbuhan Ekonomi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Perkonomian Darmin Nasution mengatakan kenaikan suku bunga acuan bank sentral untuk stabilisasi kurs rupiah bisa melahirkan pilihan sulit, karena dapat mempengaruhi kinerja pertumbuhan ekonomi.

“Memang pada saat situasi kurs berfluktuasi, pilihannya satu dari dua, tidak bisa dua-duanya,” kata Darmin di Jakarta, Senin (8/5/2018) malam.

Darmin mengatakan kenaikan suku bunga acuan bisa dilakukan untuk menjaga stabilitas kurs rupiah terhadap dolar AS setelah cenderung mengalami pelemahan dalam beberapa minggu terakhir.

Namun, penyesuaian suku bunga acuan tersebut dapat mengganggu momentum pertumbuhan ekonomi yang telah berjalan dengan baik dalam triwulan I-2018.

“Tidak bisa dua-duanya, kecuali dalam situasi tenang, itu soal lain,” kata Darmin Nasution sebagaimana dikutip Antara.

Meski demikian, ia menyakini Bank Indonesia bisa mengambil keputusan terkait suku bunga acuan yang masih dipertahankan sebesar 4,25 persen dan mencari solusi dalam menghadapi pergerakan kurs rupiah saat ini.

Sebelumnya, pengamat ekonomi Tony Prasetiantono mengatakan kenaikan suku bunga acuan bisa menjadi upaya jangka pendek yang dilakukan bank sentral untuk menekan pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. “Jangan alergi dengan menaikkan suku bunga karena ini bagian dari taktik jangka pendek,” kata Tony.

Tony mengatakan kenaikan suku bunga acuan dari saat ini sebesar 4,25 persen bisa menjadi alternatif bank sentral untuk menjaga fluktuasi kurs rupiah agar tidak sepenuhnya bergantung dari cadangan devisa. “Kalau naik setidaknya 25 basis poin, mudah-mudahan rupiah masih terselamatkan,” kata pengajar Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada ini.