Ilustrasi. PT Pertamina. (Ist)

Tiga Nama Calon Dirut Pertamina Ini Diajukan ke Jokowi

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Sebanyak tiga nama calon Direktur Utama Pertamina diajukan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi).

Deputi Bidang Usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno menyebutkan, Menteri BUMN Rini Soemarno sudah menyerahkan nama-nama calon Dirut Pertamina kepada Presiden Joko Widodo.

“Tergantung Presiden (yang memutuskan). Sudah ada tiga nama, Bu Menteri (Rini Soemarno) yang ajukan,” katanya saat dikonfirmasi, pekan lalu.

Seperti dilansir kontan.co.id , tiga nama calon Dirut Pertamina yang sudah diserahkan kepada Presiden Jokowi di antaranya adalah Pelaksana tugas (Plt) Dirut Pertamina Nicke Widyawati, Direktur Hulu Pertamina Samsu Alam, dan mantan Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya Yuktyanta.

“Ada satu nama lagi, bisa dibilang ini kuda hitam, yaitu Amien Sunaryadi Kepala SKK Migas sekarang,” kata sumber Kontan.co.id yang enggan disebut namanya.

Menurut dia, Amien Sunaryadi sempat bertemu dengan Presiden Jokowi di Istana negara. Hanya saja tidak diketahui detil isi pembicaraan tersebut.

“Dia memang lurus-lurus saja orangnya. Contohnya saja, dia mampu merubah wajah SKK Migas sekarang,” sebutnya.

Namun, saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut, Amien Sunaryadi membantahnya. “Itu hoaks,” ujar Amien.

Sudah tiga bulan ini PT Pertamina (Persero) masih belum juga memiliki nahkoda baru setelah pada 20 April silam, Elia Massa Manik dicopot dari posisinya sebagai Direktur Utama Pertamina.

Akibatnya, banyak keputusan-keputusan strategis yang belum bisa dikeluarkan.