BNPB : Sudah Ada 14 Negara Kirimkan Bantuan Gempa Sulteng

JAKARTA (independensi.com) –  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bantuan asing untuk bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah terus berdatangan, baik berupa barang maupun uang tunai.

Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, bantuan barang dari asing berupa 4 macam. “Yang dibutuhkan dan terus berdatangan hingga hari ini itu pesawat untuk transportasi udara, water treatment, genset dan tenda,” kata Sutopo, usai bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (5/10/2018).

Sejauh ini, lanjut dia, sudah ada 14 negara yang merealisasikan bantuan untuk korban bencana gempa dan tsunami di Sulteng, khususnya untuk dua kota dengan kerusakan paling parah, yakni ibu kota provinsi Palu dan Donggala.

Adapun, Sutopo mengatakan Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri juga telah membuka rekening untuk menampung dana bantuan yang diberikan oleh negara lain serta lembaga internasional. Dana tersebut akan digunakan oleh BNPB untuk melakukan tindakan kedaruratan, seperti aktivasi posko dan belanja logistik.

Dalam kesempatan yang sama, Sutopo mengatakan jumlah korban jiwa akibat bencana tersebut per hari ini sudah melampaui angka 1.550 orang.