Kunjungan PDAM dari Jawa Tengah di PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi pada study banding pola kerjasama. (jonder sihotang)

PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi  Menjadi ‘Rujukan’ Study Banding Kerjasama

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Dua Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dari Jawa Tengah dan Jawa Timur, baru- baru ini mengunjungi PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi, Jawa Barat. Kedua PDAM itu, melakukan study banding terkait pola kerjasama dengan badan usaha swasta atau pihak ketiga,  guna  meningkatkan cakupan pelayanan air bersih kepada masyarakat pelanggan.

Kedua PDAM itu,  adalah PDAM Giri Tirta dari  Kabupaten Gersik Jawa Timur,  dan PDAM Tirya Wijaya Kabupaten Cilacap Jawa Tengah. Dalam kunjungan kerja tersebut, dihadiri direksi masing-masing PDAM, dan diterima Ditektur Umum, Direktur Usaha dan Direktur Teknik PDAM Tirta Bhagasasi, Ulan Ruslan, Maman Sudarman dan Johny Dewanto.

Dalam kunjungan yang waktunya tidak bersamaaan tersebut, dijelaskan bahwa kerjasama dengan badan usaha swasta sudah dilakukan PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi sejak beberapa tahun. Setidaknya sampai saat ini, sudah ada sembilan badan usaha swasta yang menjalin kerjasama dengan PDAM Tirta Bhagasasi, ujar Direktur Usaha Maman Sudarman, kemarin.

Dijelaskan pula, bentuk kerjasama yang dilakukan selama ini  dengan kerjasama investasi, dan saling menguntungkan. Artinya, pihak ketiga membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan jaringannya dengan biaya sendiri.

Kemudian, pihak PDAM Tirta Bhagasasi membeli air curah dengan waktu yang disepekati bersama kedua pihak. Setelah batas waktu yang ditentukan, bangunan IPA menjadi milik PDAM Tirta Bhagasasi.

Kujungan seperti ini, ujar Direktur Utama PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi Usep Rahman Salim, Rabu (17/10/2018), sudah dilakukan beberapa PDAM lainnya. “Kami ini sepertinya menjadi model dalam bentuk kerjasama dan banyak PDAM yang study banding,” ujarnya.

Usep menjelaskan, dengan adanya kerjasama pihaknya dengan badan usaha swasta, mereka sudah dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pelanggan. Setidaknya saat ini, PDAM Tirta Bhagasasi sudah mempunyai jumlah pelanggan 270.000 lebih dan merupakan PDAM terbesar se Jawa Barat. (jonder sihotang)