Australia Bantu Indonesia Unduh Data Black Box Lion Air JT 610

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) –  Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Indonesia mendapat bantuan dari Investigator asal Australian Transport Safety Bureau (ATSB), untuk mengunduh data flight data recorder black box Lion Air PK-LQP yang jatuh di perairan Karawang, beberapa waktu lalu.

“Sore ini investigator ATSB akan datang untuk membantu proses download black box, baik FDR atau CVR. Dalam hal ini Indonesia butuh bantuan dari mereka. Investigator kami, selain download, juga melakukan tugas lain, sehingga kami khawatirkan kelelahan. Prosesnya banyak, ditangani 2-3 orang tidak cukup,” ujar Ketua Subkomite Kecelakaan Penerbangan KNKT Capt Nurcahyo Utomo, saat jumpa pers di kantornya, Jalan Medan Merdeka Timur, Jakarta Pusat, Sabtu (3/11/2018).

Dia melanjutkan, selain Australia, Amerika Serikat juga mengirimkan wakilnya untuk menginvestigasi penyebab kecelakaan Lion Air PK-LQP. Sementara itu, Singapura membantu dalam pencarian CVR black box yang hingga saat ini belum ditemukan.

“National Transportation Safety Board adalah membantu investigasi KNKT. NTSB dibantu oleh advisor dari Boeing, dari General Electric selaku pembuat mesin, dan Federal Aviation Administration, pimpinannya dari NTSB. Indonesia menerima bantuan atau tawaran bantuan dari Singapura untuk membantu mencari black box,” imbuhnya.

Bantuan observer juga datang dari Arab Saudi. Namun observer Saudi tidak berhak menerima data kecelakaan karena bertugas belajar dalam penanganan kecelakaan.

“Saudi kirim observer, posisinya untuk belajar. Observer minta izin ikut belajar menangani proses kecelakaan. Statusnya observer dan tak boleh terima data,” ucapnya.