10 Ribu Buruh Kepung Jakarta Minggu Depan

Loading

JAKARTA –Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, ribuan buruh yang berada di 20 kota akan berunjuk rasa pada Rabu (6/2), untuk merayakan hari jadi Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSMI). Untuk di wilayah Jakarta, Jawa Barat dan Banten, diperkirakan ada 10 ribu buruh yang akan melakukan aksi di kawasan Istana Negara, Jakarta.

“6 Februari berbarengan hut FSMI akan ada aksi 10 ribu lebih se-Jabodetabek di istana negara aksi itu diikuti ribuan buruh di 20 provinsi. Surbaya, Medan Aceh, dan kota besr lainnya,” kata Said, di daerah Proklamasi, Jakarta, Kamis (31/1).

Said mengungkapkan, isu utama yang diangkat dalam aksi demonstrasi tersebut adalah ketersediaan lapangan kerja, ancaman PHK dan penerapan industri 4.0. Tiga hal tersebut menjadi sorotan buruh karena dianggap akan berpengaruh pada sistem kerja.

“Di buruh itu disebut future work, kerja yang dikerjakan manusia digantikan robot, pabrik baja,itu digantikan robot. Di jepang sudah, di Indonesia bgaimana pasti untuk mengejar produksi,” tuturnya.

Isu beriutnya adalah menolak upah murah dan turunkan harga, menolak tenaga kerja China tidak punya keahlian, menolak out sourching dan pemagangan, menolak penarikan biaya ke peserta Bada Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dan kenaikan biaya per kilo meter (km) untuk ojek online.

“Kita minta ojek online bonusnya dinaikan, kan pemerintah janji keluarkan aturan Maret. Dinaikan sekitar Rp 4 ribu-6 ribu per km ada perlindungan yang jelas, terkit BPJS kesehatan dan pensiun untuk BPJS ketenagakerjaan,” ujarnya.