foto istimewa

Citilink Indonesia Resmikan Rute Surabaya –Kuala Lumpur

JAKARTA (IndependensI.com)  – Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia kembali memperluas konektivitas dengan menambah jaringan penerbangan internasionalnya di Asia dengan membuka rute Surabaya – Kuala Lumpur mulai hari ini, 30 Januari 2019.

“Pembukaan rute ini merupakan salah satu strategi perusahaan untuk memperluas jaringan penerbangan internasional sehingga memantapkan eksistensi Citilink Indonesia sebagai maskapai berbiaya hemat terkemuka di kancah internasional khususnya di kawasan Asia,” kata Pjs. VP Sales & Distribution Citilink Indonesia, Amalia Yaksa di Jakarta, Kamis (30/1).

Amalia menambahkan bahwa dengan adanya rute penerbangan baru ini diharapkan dapat meningkatkan antusiasme wisatawan lokal maupun mancanegara sehingga dapat mendukung akselerasi pertumbuhan sektor pariwisata dan juga meningkatkan aksesibilitas di kedua wilayah tersebut.

Pembukaan rute penerbangan Surabaya – Kuala Lumpur ini membidik para wisatawan regional serta business travellers serta para pelajar yang hendak berangkat ke Kuala Lumpur atau kembali ke Surabaya.

Adapun target keterisian untuk rute internasional ke 4 ini diharapkan dapat mencapai 84%.

Seperti diketahui bersama, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur sebelumnya telah menetapkan target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 1 juta orang sepanjang tahun 2019.

Surabaya juga dinobatkan sebagai kota terbaik untuk pengembangan pariwisata oleh Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018, maka dari itu, momen pembukaan rute Surabaya-Kuala Lumpur diharapkan mampu membantu pemenuhan target tersebut dan menjadikan Surabaya semakin dikenal oleh masyarakat internasional.

Jadwal penerbangan Surabaya – Kuala Lumpur beroperasi setiap hari dengan nomor penerbangan QG 522 akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya pada pukul 11:55 dan tiba di Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur pukul 15:30 waktu setempat.

Untuk rute sebaliknya, pesawat dengan nomor penerbangan QG 523 akan berangkat dari Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur pada pukul 16:35 dan kembali tiba di Bandar Udara Internasional Juanda pukul 18:30.

Penerbangan Surabaya – Kuala Lumpur akan menggunakan pesawat ukuran sedang Airbus A320 dengan kapasitas angkut sebanyak 180 penumpang.

Sriwijaya Air Group Hadirkan SJ In-flight Entertainment  di Setiap Penerbangannya

JAKARTA (IndependensI.com) – Mengawali tahun 2019, maskapai penerbangan medium service Sriwijaya Air dan Nam Air meluncurkan sebuah layanan baru yang disebut dengan SJ In-flight Entertainment. Layanan ini dihadirkan dalam bentuk jaringan nirkabel di dalam pesawat yang dapat di akses oleh seluruh pelanggan dan berisi beragam konten menarik mulai dari Video (movies dan TV shows), musik video, games, program anak anak , berita, e-magazine  hingga aplikasi chatting antar sesama pelanggan di pesawat yang sama di atas 35,000 kaki.

Ditemui dalam acara Grand Launching SJ In-flight Entertainment, Rabu (30/01/2019), Direktur Utama Sriwijaya Air Joseph Adriaan Saul mengatakan langkah ini menjadi salah satu upaya dari perusahaan untuk meningkatkan layanan kepada seluruh pelanggan baik Sriwijaya Air maupun Nam Air dan dapat dinikmati secara cuma-cuma.

“Untuk menikmati Inflight Entertainment ini pelanggan cukup menghubungkan smartphone, tablet atau laptop dengan jaringan yang tersedia di pesawat. Dengan demikian ke depan, pelanggan dapat menikmati penerbangan Sriwijaya Air dan Nam Air sambil berpetualang menikmati berbagai konten hiburan yang tersedia,” kata Joseph Adriaan Saul.

Dalam hal penyediaan SJ In-flight Entertainment, Joseph Adriaan Saul menambahkan bahwa Sriwijaya Air dan Nam Air tentunya tetap memperhatikan aspek keselamatan penerbangan. Dengan demikian, guna menghindari adanya indikasi membahayakan serta tetap beroperasi sesuai dengan peraturan, maka proses pemasangan layanan ini juga melibatkan regulator.

“Setiap perangkat yang terpasang pada kabin pesawat kami telah diperiksa oleh Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasioan Pesawat Udara (DKUPPU), Kementerian Perhubungan Republik Indonesia,” terang Joseph Adriaan Saul.

Layanan SJ In-flight Entertainment merupakan sebuah inovasi yang dihadirkan oleh Sriwijaya Air dengan menggandeng PT Dua Surya Dinamika yang juga dikenal dengan AirFi Indonesia sebagai perusahaan pengadaan on-board device dan penyediaan konten.

“Sistem kami adalah yang terbaru dan mutakhir dalam industri Penerbangan.  AirFi dirancang untuk berfungsi dengan perangkat genggam dalam bentuk atau merek apa pun. Sistem kami juga kompatibel dengan berbagai operating system seperti iOS, Android, Windows, BBM, Linux dan lainnya. Ditambah dengan konten yang beragam dan up to date, SJ In-flight Entertainment menjadikan passenger experience sebagai prioritas.” ujar Satish Mahtani, Direktur Utama PT Dua Surya Dinamika.

“Sriwijaya Air Group adalah Maskapai Penerbangan Indonesia pertama yang menyediakan in-flight entertainment kepada penumpangnya melalui streaming nirkabel. Dan dengan instalasi lengkap pada semua pesawatnya, dengan bangga saya mengatakan Sriwijaya Air Group adalah yang pertama di Asia Tenggara. Pemasangan SJ In-flight Entertainment di seluruh armada Sriwijaya Air pada akhir Februari 2019” , ditambahkan oleh Satish.

“Dalam waktu dekat seluruh armada NAM Air juga akan dilengkapi in-flight entertainment. Saat ini pemasangan in-flight entertainment untuk NAM Air sedang dalam proses perizinan sehingga nantinya layanan ini akan tersedia di seluruh 52 armada milik Sriwijaya Air Group,” tutup Joseph.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *