Mal Pelayanan Publik milik Pemkot Bekasi bertujuan mendekatkan dan mempermudah pelayanan pada masyarakat. (ist)

MPP Ketiga  Kota Bekasi di Plasa Cibubur Dibuka

BEKASI (IndependensI.com)- Siang ini, Jumat (8/3/2019) Pemerintah Kota (Pemkot)  Bekasi akan membuka Gerai MalPelayanan Publik Plasa  (MPP) Cibubur Kota Bekasi.  MPP ini merupakan ketiga setelah di Kecamatan Pondokgede dan Bekasi Timur, dan akan dibuka Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Tujuan MPP Plasa Cibubur, untuk mendekatkan pelayanan bagi warga masyarakat di wilayah Jatisampurna dan sekitarnya. MPP Plasa Cibubur merupakan gerai ketiga milik Pemkot Bekasi setelah sebelumnya sudah lama beroperasi di mal  Bekasi Junction Bekasi Timur dan GPP Mal Atrium Pondokgede.

Keberadaan GPP memberikan alternatif lokasi pelayanan bagi warga. Proses persiapan GPP Plasa Cibubur telah dilakukan sejak November 2018 terletak di Lantai 3, dengan Luas 754,5 m2.

Di MPP ini, terdapat 11 gerai pelayanan yang disediakan. Diantaranya pelayanan catatan kependudukan (Disdukcapil), Perizinan (DPMPSTP), Pajak Daerah (Bapenda), BPN, Pembuatan Kartu Pencari Kerja/Kartu Kuning (Disnaker), Pendaftaran Haji (Kandepag), Perpanjang SIM, pembuatan SKCK (Polres), Pajak Kendaraan Bermotor (Samsat), Pembuatan Pasport (kantor Imigrasi), Kejaksaan Negeri dan DPMPTSP Provinsi Jawa Barat. Ada Juga gerai Bank diantaranya Bank BJB dan Bank BRI.

Waktu Operasional MPP Plasa Cibubur, hari Senin sampai Jumat pukul 08.00–16.00 WIB. Sedang  Sabtu dari Pukul 08.00-12.00 WIB. Pelayanan Keimigrasian dari Senin sampai Jumat dan pendaftaran pelayanan Haji pada Senin, Rabu dan Jumat.

Proses pembangunan MPP Plasa Cibubur merupakan hasil kerjasama dengan pihak pengelola serta kontribusi para pelaku usaha dalam bentuk CSR.  Pembangunan gerai merujuk pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Penyelengaraan Mal Pelayanan Publik (MPP) serta Peraturan Wali Kota Bekasi Nomor 46 Tahun 2018 tentang Mal Pelayanan Publik.

Maksud dan tujuan MPP dan GPP ini sesuai dengan visi misi Pemkot Bekasi Cerdas, Kreatif, Maju, Sejahtera dan Ihsan serta termasuk dalam 45 program prioritas Wali Kota dan Wakil Walikota Bekasi.

Sebagaimana diketahui, di dua MPP sebelumnga, sudah ramai dikunjungi masyarakat terkait perizinan dan pelayanan administrasi kependudukan dan pelayanan lainnya. (jonder sihotang)