Pemaham Buku Pelaut Online dan Integrasi Port Waste Management System di sosialisasikan di Makasar

Ditjen Hubla Sosialisasikan Buku Pelaut Online

Loading

MAKASSAR (Independensi.com) – Kementerian Perhubungan cq. Ditjen Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar menggelar Sosialisasi Buku Pelaut Online V.02 dan Integrasi Port Waste Management System ke dalam Inaportnet pada hari ini (19/3).

Sosialisasi dilakukan karena Indonesia telah memasuki era revolusi 4.0 industri pelabuhan dan pelayaran, sebagai langkah kongkrit dalam sistem pelayanan.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan dari instansi Pemerintah & BUMN, sekolah pelayaran, perusahaan pelayaran nasional serta masyarakat pengguna jasa transportasi laut di wilayah Makassar.

Kepala Bidang Keselamatan Berlayar Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar, Capt. M. Syaiful, buku pelaut online V.02 dan integrasi Port Waste Management System ke dalam inaportnet harus dipahami dengan baik pengimplementasiannya oleh pengguna jasa, dalam hal ini masyarakat maritim khususnya di Makassar.

“Buku Pelaut online V.02 ini merupakan pelayanan sistem kepelautan yang didesain lebih mudah, baik bagi operator maupun user,” jelas Syaiful.

Lebih lanjut Syaiful menyebutkan, contoh lainnya yaitu Inaportnet, yang secara berkelanjutan meningkatkan sistem pelayanan agar dapat terintegrasi dengan sistem lain, misalnya untuk mendukung Program Greenport Pemerintah Indonesia melalui integrasi Port Waste Management System ke dalam Inaportnet.

Kegiatan ini merupakan implementasi pemanfaatan IT secara maksimal dalam memberikan pelayanan kepada pemangku kepentingan terkait atau pengguna jasa dalam mendukung program pemerintah mewujudkan National Single Window dan Green Port.

“Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada pengguna jasa dalam menggunakan aplikasi dengan kondisi yang aktual di atas kapal dan akuntabel dalam hal validitas data yang diberikan”, tukas Syaiful.

Kegiatan ini sangat baik dan bermanfaat bagi para stakeholder, mengingat Manajemen Kepelabuhanan dan Kepelautan ke depannya akan teraplikasi melalui pemanfaatan IT.

Sosialisasi kegiatan ini mendapat sambutan baik oleh para peserta yang berasal dari perusahaan pelayaran maupun stakeholder.