Tol Layang Jakarta – Cikampek Diprediksi Selesai Bulan Juni-Juli 2019

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan Tol Layang Jakarta-Cikampek diprediksi akan selesai dibangun pada pertengahan tahun ini, atau sekitar bulan Juni-Juli 2019.

“Bakal kelar Juni-Juli (2019). Pada mudik Lebaran, pembangunannya berhenti juga. Saya lebih baik membersihkan yang di bawah. Mengembalikan dulu ruas yang di bawah untuk TOD (Transit Oriented Development). Tadi itu dibersihkan dipinggirkan semua. Itu lebih save,” kata Basuki di Jakarta, Senin (25/3/2019).

Dia menjelaskan, tol ini belum bisa beroperasi fungsional saat mudik Lebaran 2019 mendatang karena arus lalu lintas di Jalan Tol Jakarta-Cikampek masih padat, sehingga pemerintah mengutamakan keselamatan dan keamanan.

“Belum bisa dipakai lebaran. Pertama, window time pengerjaan sangat kecil, harus malam hari. Kedua, traffic-nya di bawah itu orang kegiatan manusianya padat. Jadi bahaya,” imbuhnya.

Faktor selanjutnya, guyuran hujan yang kini kerap membasahi kawasan Jakarta dan sekitarnya membuat pemerintah lebih mengutamakan aspek keselamatan para pekerja. “Kalau pas hujan, ngeliat orang kerja, pasti enggak berani lewat bawah. Daripada pengerjaannya, makanya saya enggak mau ngotot, karena bahaya lebih berbahaya daripada digunakan,” urainya. (Dan)