Kemeterian Perhubungan melalui Ditjen Perhubungan Darat memberikan bantuan bus untuk sekolah di Garut

Ditjen Hubdat Serahkan Bus Sekolah Gratis di Garut

GARUT (Indepedensi.com) – Direktorat Jendera Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kementerian Perhubungan menyerahkan dua bus sekolah gratis di Garut, Jawa Barat, Sabtu (30/3).

Penyerahan dua bus sekolah dilakukan oleh Direktur Prasarana Ditjen Hubdat Risal Wasal mewakili Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi bersama anggota Komisi V DPR Nurhayati kepada sekolah SMK Al Musaddadiyah.

“Bus sekolah bantuan pemerintah ni kami berikan untuk mempermudah transportasi pelajar, menjemput dan mengantar ke sekolah,” ujar Risal.

Selain memjemput pelajar, lanjut Risal, bus bisa digunakan untuk kepentingan transportasi masyarakat umum.

Sebelumnya di Kabupaten Garut telah beroperasi dua armada untuk jemputan pelajar sekolah.

Nantinya, bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Garut, akan disiapkan halte-halte lokasi baru sebagai titik angkut pelajar. “Dishub Garut nanti yang akan menindaklanjuti halte mana saja yang akan dibangun,” ujarnya.

Risal menambahkan bahwa ke depan akan dilakukan evaluasi untuk kemungkinan dilakukan penambahan armada bua sekolah gratis.

“Bisa saja dengan memanfaatkan angkutan umum pada jam-jam puncak pelajar berangkat dan pulang sekolah, nanti akan dikaji lebih lanjut,” imbuh dia.

Nurhayati menambahkan bahwa adanya bus sekolah gratis ini akan memberikan kemudahan pelajar dan juga meringankan orang tua dalam urusan biaya transportasi.

“Ya, seperti kita ketahui di daerah-daerah biasanya sekolah jenjang SMP dan SMA akan lebih jauh dari rumah. Dengan adanya bantuan bus ini akan meringankan sekaligus memudahkan pelajar tiba tepat waktu di sekolah,” ungkap Nurhayati.