Bandara Douw Aturure Terbakar, Operasional Tidak Terganggu

JAYAPURA  (Independensi.com)  – Kantor Adminiatrasi Bandar Udara Kelas II Douw Aturure di Nabire terbakar, Selasa (23/4). Direktorat Jenderal Perhubungan Udara memastikan operasional bandara tidak terganggu.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Polana B Pramesti di Jakarta Selasa (23/4) mengungkapkan, berdasarkan laporan terkini, peristiwa terbakarnya kantor administrasi terjadi pada pukul 10.30 WIT.

“Kami mendapatkan laporan bahwa  kantor admistrasi UPBU Douw Aturure Nabire terbakar. Namun saat ini api sudah berhasil dipadamkan, dan operasional bandara tidak terganggu,” ujar Polana.

Namun demikian, Polana tetap memberikan perhatian serius terhadap kejadian kebakaran di area kantor administrasi Bandara Douw Aturure Nabire tersebut.

Menurutnya penanganan serius perlu dilakukan agar jangan sampai kebakaran ini terjadi lagi dan merambah ke tempat lain karena menyangkut keamanan penerbangan.

“Perlu dilakukan penanganan serius bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk mencari akar permasalahan dan  pembenahan kedepannya sehingga kejadian ini tidak terulang lagi,” tambahnya .

Terkait penyebab terjadinya kebakaran, hingga kini Ditjen Hubud belum dapat menyampaikan karena masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Sementara itu Kasubag TU Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IX Manokwari, Ali Sadikin mengatakan api sudah berhasil dipadamkan pada pukul 11.3O WIT.

Untuk sementara operasional bandara, tower dan peralatan lain menggunakan genset sebagai supply listrik.

“Untuk saat ini, operasional bandara tetap berjalan normal dengan menggunakan genset sebagai supply listrik. Dalam kebakaran ini  tidak ada korban jiwa dan petugas sedang melakukan pembenahan pasca kebakaran oleh petugas,” tutup Ali. (hpr)