Jokowi Sudah Punya  Tiga Wilayah di Luar Jawa untuk Ibu Kota Baru

JAKARTA (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan segera memutuskan pemindahan ibu kota ke luar Pulau Jawa. Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka acara buka puasa bersama pejabat dan pimpinan lembaga negara di Istana Negara, Jakarta, Senin (6/5/2019).

Menurut Jokowi, pemerintah serius untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengaku telah mengantongi luas lahan di tiga wilayah berbeda yang lebih luas dari lahan yang dibutuhkan. “Sekali lagi bahwa pemindahan ibu kota ini segera kita putuskan,” kata Jokowi.

Total kebutuhan lahan ibu kota berdasarkan hasil kajian Bappenas sebesar 30.000-40.000 hektar dengan biaya mulai Rp 323 triliun hingga Rp 466 triliun.

“Kami sudah siapkan 3 alternatif daerah yang sudah menyiapkan lahannya, ada yang 80 ribu hektar, 120 ribu hektar, dan ada juga yang 300 ribu hektar yang disediakan, meskipun kita belum putuskan mana yang kita pakai,” ungkap Jokowi.

Mengenai anggaran, Jokowi menegaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyetujui selama tidak dikerjakan dalam waktu satu tahun. “Artinya anggaran kita siap menjalankan keputusan ini, tetapi saya sampaikan ke Menkeu tidak membebankan APBN, cari skema agar APBN tidak terbebani,” ujar Jokowi.