Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi

Menhub : Harga Tiket Pesawat Bisa Turun Hingga 15 Persen

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan penurunan harga tiket pesawat bisa dilakukan hingga 15%. Penurunan harga tiket pesawat tersebut akan difinalisasi dalam rapat dengan di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, pada hari Senin (13/5/2019). “Itu range di situ, kita finalkan hari Senin,” kata Budi Karya di Komplek Istana, Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Budi Karya saat ini tengah mengevaluasi aturan tarif batas atas pada tiket pesawat. Hal itu menyusul keluhan banyak kalangan mengenai mahalnya harga tiket pesawat belakangan ini.

Evaluasi dilakukan sejak awal pekan ini usai rapat koordinasi (rakor) di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Hasil evaluasinya pun masih dibahas kembali pada Senin, awal pekan depan. “Tiket disuruh bahas bersama Pak Menko hari Senin,” kata Bud Karya.

Selama evaluasi, kata Budi, pihaknya terus mencari harga pokok yang didasarkan dengan waktu ketepatan maskapai (on time performance), lalu avtur, nilai tukar, dan load factor atau tingkat keterisian pesawat. Sehingga masih bisa menurunkan TBA. “Didasarkan itu ditemukan setelah satu angka harga pokok rata-rata. Dengan dasar itu berarti kita masih ada ruang untuk bisa menurunkan batas atas,” terangnya.

Nantinya, hasil evaluasi dan finalisasi akam disampaikan kepada para maskapai penerbangan. “Dibicarakan. Bukan minta persetujuan, tapi dikomunikasikan,” ucapnya.

Kehadiran Budi Karya di Istana pun dalam rangka mempresentasikan persiapan mudik Lebaran 2019 kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). (dny)