Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati,

Sri Mulyani : Kerusuhan 21-22 Mei Tak Pengaruhi Ekonomi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, pemerintah optimistis kegaduhan politik hingga terjadinya kerusuhan massa pada tanggal 21-22 Mei di Jakarta tidak akan mempengaruhi ekonomi. Menurutnya pelaku usaha sudah memprediksi apapun yang terjadi dari masa kampanye hingga pemilu usai, sehingga pengaruh kerusuhan kemarin tidak akan berdampak besar.

“Soal kerusuhan memang tentu apa yang terjadi sangat disayangkan, tapi seluruh investor pelaku ekonomi sebenarnya sudah memahami pengumuman KPU. Mereka sudah antisipasi jadi tidak ada element of surprise” ujar Sri Mulyani dalam Konferensi Pers KSSK di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (23/5/2019).

Selain itu, Sri Mulyani menambahkan, para pengusaha yakin aksi rusuh yang terjadi di Jakarta tak akan mengganggu bisnis mereka. Pernyataan ini disampaikan Sri Mulyani saat menceritakan hasil diskusinya dalam acara buka bersama (bukber) Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Rabu sore (22/5).

“Kemarin sore saya hadir undangan bukber APINDO yang sengaja digelar di 22 Mei, Karena mereka percaya ekonomi Indonesia dan pasca pengumuman tetap baik. Saya rasa itu benar dan harus dipertahankan,” kata Sri Mulyani.

Sri Mulyani berharap tensi politik yang memanas hingga menimbulkan kerusuhan bisa mereda. Dia juga percaya keamanan aparat bisa menangani situasi ini dengan baik. “Situasi yang tengah terjadi tentu diharapkan bisa cepat selesai. Kita percaya sepenuhnya kepada TNI-Polri dan jajaran Kemenkopolhukam bisa menyelesaikan ini dengan baik,” tuturnya.

“Ini negara kita sendiri, kita buat UU kita sendiri. Kita mengatur bagaimana berdemokrasi, bagaimana cara menangani apabila ada perbedaan dan kita percayakan institusi yang melakukan tugasnya dengan baik,” sambung mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu. (dan)