Mentan : Harga Komoditas Pangan di Bulan Ramadan Stabil

Loading

JAKARTA (IndependensI.com)  – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, harga komoditas pangan di bulan Ramadhan tahun ini sudah stabil. Bahkan, harga bawang putih yang belakangan melambung kini sudah bisa menyentuh Rp 19.000 per kg.

“Kami ucapkan terima kasih atas kerjasama selama ini khususnya di bulan suci Ramadan. Alhamdulillah, tahun ini semua harga komoditas strategis stabil,” ucapnya di Gedung Kementerian Pertanian, Jakarta, Senin (27/5/2019).

Dia mencontohkan, harga bawang putih di Surabaya kini sudah beranjak turun hingga menyentuh angka Rp 19.000 per kg. Dia pun lantas berterimakasih kepada pihak importir.

“Bawang putih sempat naik di Surabaya, sekarang turun Rp 19.000. Terima kasih untuk pengertian seluruh importir bawang putih,” ungkap dia.

Berdasarkan hasil sidak pasar di Jawa Timur beberapa waktu lalu, harga bawang putih di daerah tersebut sudah berada di angka Rp 23.000 per kg, lebih rendah dari target pemerintah Rp 25.000. Dia berharap agar harganya tidak semakin turun pada saat Lebaran nanti.

Sementara itu, dia juga berharap harga cabai merah tetap stabil, sebab secara harga, komoditas tersebut telah jatuh Rp 5.000 per kg. “Tolong Bulog dan pengusaha lainnya harga Rp 5.000 itu kalau bisa dibeli Rp 8.000 per kg. Kasihan petani kita,” tuturnya. (dny)