Kementerian Perhubungan sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk singgah ke kota-kota di sepanjang jalan tol utara. Tujuannya agar perekonomian di kota-kota tersebut bisa terus berputar dan berkembang.

Arus Mudik Lancar, Tapi Perekonomian Kota di Sepanjang Jalan Tol Harus Tetap Hidup

Loading

TEGAL (Independensi.com) Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melakukan evaluasi arus mudik dan arus balik 2019 yang dikemas dalam bentuk forum group discussion (FGD) di Tegal, Jateng Minggu (9/6).

Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri PUPR Basuki Hadi Moeljono, Menteri Kesehatan Nila F Moeloek, Perwakilan dari Korlantas Polri, Pengamat Transportasi dan Kebijakan Publik Agus Pambagio.

Sebelum acara FGD ini Menhub Budi bersama rombongan melakukan perjalanan jalur darat dari Semarang hingga Tegal dan meninjau rest area di sepanjang Jalan Tol tersebut, seperti rest area KM 360 dan GT Brebes Barat.

Menhub Budi menyatakan meski arus mudik hingga H+3 ini sudah cukup baik, namun Pemerintah masih mempunyai tugas untuk tetap memperhatikan kota-kota di sepanjang jalan tol pantura agar perekonomiannya tetap hidup.

Hal tersebut masih dicarikan formula terbaik agar masyarakat tertarik singgah ke kota terdekat dibandingkan harus berhenti di bahu jalan tol dan membuang sampah sembarangan.

“Oleh karenanya untuk tahun depan kita akan berupaya membuat kota-kota disepanjang jalan tol ini lebih berdaya lebih memiliki daya tarik secara konkrit juga kegiatan yang atraktif dan kegiatan rekreasi yang lebih kreatif sehingga membuat adanya daya tarik kota-kota tersebut,” ujar Menhub Budi.

Dalam awal mudik ini Kementerian Perhubungan sudah melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk singgah ke kota-kota di sepanjang jalan tol utara. Tujuannya agar perekonomian di kota-kota tersebut bisa terus berputar dan berkembang.

“Kami memang memberikan suatu tips bagi masyarakat yang mudik bahwa kalau berhenti itu jangan di bahu jalan tapi di toko atau warung makan di kota sekitar sambil beli oleh-oleh, itu bisa menjadi keberhasilan kita untuk masyarakat beli oleh-oleh sehingga
Ekonomi kota Brebes dan lainnya meningkat?” Kata Menhub.

Oleh karenanya ketiga hal kelengkapan fasilitas, leadership dan kolaborasi jadi satu hal yang penting bagi kita dan nanti dengan modal ini tahun depan kita akan berbuat lebih baik,” terang Menhub Budi.

Lebih lanjut, Menhub Budi menjelaskan akan membuat angkutan masal yang lebih masif untuk masyarakat mudik maupun di kota-kota kecil. Sehingga penggunaan kendaraan pribadi akan jauh lebih berkurang.

“Oleh karenanya untuk tahun depan kita akan membuat angkutan masal yang lebih masif. Dan memamg seharusnya angkutan umum itu harus diutamakan,” jelas Menhub.

Selain itu angka kecelakaan pada arus mudik tahun ini turun lebih dari 60 persen juga menjadi suatu capaian yang baik.

Pada tahun ini, pembangunan infrastruktur yang dilakukan juga berdampak baik, sehingga masyarakat bisa dengan nyaman menggunakan infrastruktur yang telah dibangun oleh pemerintah. (hpr)