Direktur Utama Perum Jasa Tirta II, U. Saefudin Noer (kedua dari kanan) dan CEO K-Water Lee Hak Soo (kedua dari kiri) menunjukkan nota kerja sama yang baru ditandatangani di Seoul, Korea Selatan. Acara penandatanganan disaksikan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kanan) dan Cho Myung-Rae Minister of Environment Republic of Korea.

Kerjasama dengan K-Water, Jasa Tirta II Siap Kembangkan Smart Water Management

KOREA SELATAN (IndependensI.com) – Jasa Tirta II bekerjasama dengan K-Water untuk mengembangkan Smart Water Management dan Information Technology Communication dalam bidang pengelolaan sumber daya air di Indonesia.

Rencana tersebut tertuang dalam nota kerjasama antara Jasa Tirta II dan Korea Water Resources Coperation (K-Water) di bidang Pengembangan Pengelolaan dan Pengusahaan Sumber Daya Air oleh PJT II di Indonesia.

Penandatanganan dilakukan oleh Direktur Utama Jasa Tirta II, U. Saefudin Noer dengan CEO K-Water Lee Hak Soo di Kantor Ministry of Environment, Korea Selatan, pada Kamis, 27 Juni 2019.  Acara penandatanganan nota kerja sama disaksikan langsung oleh Menteri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono dan Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Hari Suprayogi.

“Kerjasama ini merupakan bagian dari rencana transformasi Jasa Tirta II dalam hal regulasi menuju perusahaan pengelola air yang baik di Indonesia,”ujar U. Saefudin Noer.

Fokus transformasi perusahaan terdiri dari People & Corporate Culture, Proses Bisnis, Inflamasi Komunikasi & Teknologi, Area Bisnis Baru & Optimalisasi Aset dan Regulasi.

Menurut U. Saefudin Noer melalui kerjasama ini akan dilakukan studi implementasi, perencanaan dan aplikasi dalam Pemanfaatan Sumber Daya Air termasuk Smart Water Management dan Information Communication Technology.

Dengan K-Water, Jasa Tirta II akan bertukar keahlian dan teknologi, meningkatkan Kompetensi dan Pengembangan Kapasitas untuk mendukung inovasi kelembagaan Jasa Tirta II.

Jasa Tirta II sebagai Badan Usaha Milik Negara memiliki tugas untuk menyelenggarakan pemanfaatan umum atas air dan sumber-sumber air yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak. Kerjasama dengan K-Water ini diharapkan dapat meningkatkan kontribusi PJT II dalam pemanfaatan sumber daya air di Indonesia.