Megawati Menyerahkan Sepenuhnya Susunan Kabinet ke Jokowi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)Megawati Soekarnoputri mengatakan, dirinya akan menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo untuk memilih menteri dalam kabinetnya dan koalisi partai yang akan mendukungnya dalam pemerintahan di periode keduanya.

Mega, begitu sapaan akrabnya, menyatakan dirinya sebagai ketum parpol hanya bertugas untuk mencari kembali pasangan capres-cawapres untuk dipilih rakyat.”Sama sekali saya menyerahkannya ke presiden,” kata Megawati di Beijing, Tiongkok, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/7/2019).

Mantan Presiden RI ke-5 itu mengatakan kemungkinan yang bisa dilakukan para parpol pendukungnya, tak terkecuali PDI Perjuangan hanya sekadar menyarankan nama.

Ia menegaskan hanya Jokowi yang nanti memutuskan siapa saja yang akan dipilihnya menjadi menteri, dengan pertimbangannya sendiri. “Tetapi tidak ada sebuah bentuk perhitungan yang proporsional bahwa seharusnya begini begitu,” ujar Megawati.

Tak hanya itu, Megawati juga menyerahkan semua keputusan terkait perubahan komposisi koalisi ke Jokowi. Meski begitu, tak menutup kemungkinan Megawati turut akan memberikan masukan langsung kepada Jokowi.

Belakangan ini santer wacana kemungkinan Partai Gerindra, Demokrat dan PAN bergabung ke koalisi pemerintah. “Kalau untuk urusan itu, saya nanti akan ngomong, tapi tidak di sini,” ujarnya. (dan)