Pengumuman Pemindahan Ibu Kota Baru Bakal Diumumkan Jokowi Tahun Ini

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Kepala Bappenas) Bambang Brodjonegoro mengatakan, pemerintah saat ini masih fokus untuk melakukan kajian-kajian mengenai pemindahan ibu kota baru.

Ada dua provinsi yang paling sering disebut pemerintah di Kalimantan, yakni Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. “Pengumumannya oleh Presiden tahun ini,” katanya, di Kantor Bappenas, Jakarta, Rabu (10/7/2019).

Bambang mengungkapkan, keputusan mengenai lokasi ibu kota negara yang baru akan diumumkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) tahun ini. “Sejauh ini, Pulau Kalimantan menjadi pilihan terdekat pemerintah. Hanya saja mengenai lokasinya belum diputuskan,” ujarnya.

Dia menjelaskan, proses pemindahan ibu kota negara pada tahun 2019 sebagai keputusan, tahun 2020 sebagai proses perencanaan, tahun 2021-2023 proses pembangunan, dan tahun 2024 mulai memindahkan pusat pemerintahan.

Bambang melanjutkan, pemerintah akan belajar dari negara-negara yang telah berhasil melakukannya seperti Brasil, Malaysia, hingga Pakistan. Bahkan pemerintah akan melakukan study banding ke Negara-negara yang berhasil memindahkan ibu kotanya tersebut.  “Ya pasti ada (study banding) tapi nanti, yang penting kita fokus pada kajian lokasi,” ucapnya. (dan)