Wamen ESDM Umumkan Pembukaan Lelang Wilayah Kerja Tahap III

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar membuka lelang wilayah kerja tahap III tahun 2019. Terdapat empat blok yang ditawarkan dalam lelang kali ini.

“Alhamdulillah hari ini kita membuka lelang tahap III, ada empat blok yang kita tawarkan dengan signature bonus, semuanya, satu per satu itu 2,5 juta dolar AS,” ujarnya di Ruang Damar, Gedung Heritage, Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Arcandra menyampaikan, biasanya pada lelang blok, pemerintah hanya memberikan signature bonus sebesar 500 dolar AS. Kata Arcandra, pemerintah ingin melihat apakah penerapan signature bonus sebesar 2,5 juta dolar AS akan menarik minat investor untuk mengajukan penawaran lelang blok.

“Semoga nanti negara bisa mendapatkan, bukan signature bonus, tapi minyak dan gas. Tujuan kita (membuka) lelang untuk mencari minyak dan gas,” ucap Arcandra.

Arcandra merinci blok yang ditawarkan adalah Blok East Gebang seluas 4.213 km persegi di Sumatera Utara dan Blok West Tanjung I seluas 5.459 km persegi di Kalimantan Tengah. Dua blok lain adalah Blok Belayan I seluas 5.276 km persegi di Kalimantan Timur, dan Blok Cendrawasih VIII seluas 5.612 km persegi di Papua.

Berbeda dengan penawaran lelang wilayah kerja tahap I dan II, pada lelang wilayah kerja tahap III, kata Arcandra, pemerintah menggelar roadshow dengan mendatangi calon kontraktor. Upaya ini merupakan bentuk inisiatif pemerintah dLam mendorong percepatan investasi.

“Daripada kita pasif, kita yang proaktif, ini loh data bloknya, karena kita bersaing dengan negara lain bagaimana menarik investasi, kalau bersaing kita harus proaktif,” kata Arcandra.

Selain itu, lanjut Arcandra, kegiatan roadshow juga dimaksudkan guna mendapatkan feedback dari para kontraktor terkait potensi blok yang ditawarkan. Kegiatan roadshow ini tidak hanya dilakukan di dalam negeri, melainkan juga di luar negeri agar menarik minat investor. Selain itu, pemerintah juga menetapkan pembebasan akses data terhadap para peserta lelang. Hanya pemenang lelang yang akan dikenakan biaya akses data.

“Semua akses data free, kalau udah jadi pemenang baru bayar, kalau kalah ya tidak usah bayar. Kalau berminat tinggal buka dan melihat akses data,” ucapnya.

Jadwal penawaran lelang wilayah kerja blok migas tahap III tahun 2019 untuk access bid document mulai 26 Juli 2019 hingga 18 Oktober 2019, Clarification Forum mulai 30 Juli 2019 hingga 18 Oktober 2019. sementara, Bid Submission mulai 18 Oktober 2019 hingga 25 Oktober 2019. (dny)