Polri : Dugaan Sementara Pemadaman Listrik Terjadi Karena Faktor Alam

JAKARTA (IndependensI.com) – Mabes Polri turun tangan melakukan investigasi padamnya listrik di sejumlah daerah di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jakarta, dan Banten pada hari Minggu (4/8/2019) kemarin. Dugaan sementara, pemadaman listrik hampir 10 jam itu terjadi karena faktor alam.

“Diduga faktor alam dan teknis, tidak diketemukan human error atau unsur sabotase,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Polisi Dedi Prasetyo dalam pesan singkatnya, Senin (5/8/2019).

Dedi menyebut, tim dari Polda Jateng sudah melakukan pengecekan di Tower Transmisi Desa Malom, Gunung Pati, Kabupaten Semarang. Kerusakan diduga terjadi karena adanya pohon yang ketinggiannya melebihi batas ROW (right of way) 8,5 meter, sehingga mengakibatkan flash atau lompatan listrik

“Tapi hasilnya menunggu investigasi tim pusat, gabungan Bareskrim dan PLN, untuk melakukan pengecekan di lapangan,” kata Dedi.

Menurut Dedi, polisi sudah melalukan wawancara terhadap empat petugas PLN yang mengawasi dan mengendalikan jaringan tersebut. Bila terbukti ada faktor kelalaian, maka Polri akan mengambil langkah hukum. “Apakah ada unsur atau faktor penyebab teknis, human error, atau alam, tunggu hasil investigasi secara komprehensif dulu,” katanya. (dan)