Kementerian ESDM Sebut Bukan Hal Tidak Mungkin Kelapa Sawit Diubah Jadi Avtur

JAKARTA (IndependensI.com) – Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM  FX Sutijastoto mengatakan, bukan hal tidak mungkin kelapa sawit alias CPO dapat diubah menjadi avtur.  “Ya memungkinkan, itu yang namanya green biofuel,” ujarnya, di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Selasa (13/8/2019).

Dia melanjutkan, kilang yang sebelumnya mengolah crude petroleum oil, untuk ke depan bisa beralih dengan mengolah crude vegetable oil atau crude palm oil. “Nah, dari situ menghasilkan avtur, bahan baku dari CPO,” ucapnya.

Pria yang akrab disapa Toto ini menambahkan, Kementerian ESDM juga sudah mendorong Pertamina untuk melirik potensi ini. Toto menyebut, pemanfaatan minyak sawit untuk avtur dapat menjadi solusi ketahanan energi Indonesia, mengingat ketersediaan sumber minyak sawit dengan 17 juta petani sawit yang tersebar di Indonesia.

“Ini kita dorong, Pertamina kan sedang melalui FS (Feasibility Study atau studi kelayakan investasi). Kita juga mengundang investor-investor lain, termasuk pengusaha sawit investasi sendiri. Ini sekarang mereka sedang persiapan FS, saya tidak berani ngomong kalau tidak ada FS-nya,” ucapnya. (dan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *