Putrajaya, Malaysia. (Ist)

Mendagri Tjahjo: Ibukota Baru Seperti Putrajaya Malaysia

Loading

Jakarta, Gesuri.id – Mendagri Tjahjo Kumolo mengatakan struktur ibu kota baru Indonesia nantinya akan seperti negara Malaysia.

Meski Tjahjo juga mengaku belum ada pembahasan detail terkait pemindahan lokasi Ibu Kota ke Kalimantan Timur. Politikus PDI Perjuangan itu juga menyebut pembahasan pemindahan itu belum sampai ke struktur perangkat daerah.

“Perasaan saya nggak ada sampai pembahasan detail, tim kami yang mendengar paparan dari Bappenas, nggak ada (pembicaraan) nanti dipimpin Wali Kota atau oleh Gubernur kota administratif, nggak ada,” ucap Tjahjo di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis (22/8), dilansir daritribunnewsmanado.com.

Meski begitu, Tjahjo mengaku belum mengetahui provinsi mana yang ditunjuk secara sah oleh Presiden Jokowi ‘Jokowi’ Widodo sebagai ibu kota baru.

Dia lantas bicara mengenai konsep ibu kota baru.

“Usulan kami itu bukan daerah otonomi baru, bukan langsung nama provinsi baru, kabupaten baru, nggak. Itu adalah fokus seperti Putrajaya di KL (Kuala Lumpur) itu loh. Ada area yang khusus untuk pemerintahan. Itu aja prinsipnya,” katanya.

Menurut Tjahjo, struktur ibu kota ini nantinya seperti Malaysia, Putrajaya dengan Kuala Lumpur.

Meski begitu, dia enggan menjelaskan secara detail terkait rencana itu.

“Tidak ada, itu khusus Ibu Kota saja. Seperti Malaysia lah, Putrajaya diambil salah satu lahan di Kuala Lumpur antar KL dan airport, nah itu Ibu Kota,” ungkapnya.

One comment

Comments are closed.