Menteri Bappenas Serahkan Dua Kajian Ibu Kota Baru

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Bambang Brodjonegoro di Istana Kepresidenan menyerahkan dua kajian terkait pemindahan Ibu Kota baru kepada Presiden Joko Widodo, Jumat (23/8/2019). Kedua kajian tersebut yakni mengenai struktur tanah dan dampak ekonomi pembangunan kota baru.

“Dua detail itu terkait dengan struktur tanah dan dampak ekonomi dari pembangunan kota abru. Jadi sudah kami serahkan, dan Presiden akan melihat dan mereview dan mudah-mudahan setelah itu akan ambil keputusan,” kata Bambang usai bertemu Presiden, Jumat (23/8).

Terkait apakah pemindahan ibu kota resmi di Kalimantan Timur, Bambang belum mau menjabarkan. Dia meminta publik agar bersabar dan akan diumumkan oleh Jokowi. “Lokasi nanti diumumkan, sabar. Yang umumkan Presiden dah, gitu saja,” ungkap Bambang.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut bahwa pemerintah belum menentukan lokasi ibu kota baru. Jokowi mengatakan masih menunggu beberapa kajian lagi terkait pembangunan ibu kota baru menggantikan DKI Jakarta itu.

“Akan kita umumkan pada waktunya, masih menunggu kajian, tinggal satu, dua kajian yang belum disampaikan kepada saya,” ujar Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Bogor Jawa Barat, Kamis (22/8).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu enggan berbicara lebih jauh soal lokasi pemindahan ibu kota. Sejauh ini, pemerintah baru memutuskan bahwa ibu kota pengganti DKI Jakarta dipindahkan ke Pulau Kalimantan.

“Masih menunggu kajian, dua kajian,” ucap dia.