Ilustrasi. (Dok/Ist)

PBI Sumsel Gelar Piala Gubernur

PALEMBANG (IndependensI.com) – Pengurus Provinsi Persatuan Boling Indonesia (Pengprov PBI) Sumatera Selatan (Sumsel) siap menggelar Kejuaraan Boling Piala Gubernur 2019 di Bowling Center Jakabaring Sport City, Palembang, pada 29 September mendatang.

Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Boling Indonesia (PBI) Sumatera Selatan Kurmin Halim mengatakan, panitia menargetkan sebanyak 150 orang peserta pada kejuaraan berhadiah total Rp200 juta itu. “Kejuaraan ini menjadi salah satu ajang pemanasan sebelum perhelatan Piala Dunia yang digelar November mendatang, kami optimistis banyak yang bakal ikut,” kata Kurmin seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/9/2019).

Kurmin mengatakan, boling Piala Gubernur Sumsel ini tak hanya diikuti Probolinggo lokal, kabupaten/kota tetapi juga melibatkan provinsi di Indonesia. Selain sebagai ajang pemanasan, kejuaraan terbuka ini juga sebagai pengobat rasa rindu para atlet boling yang pada PON 2020. Hal ini mengingat cabang olahraga boling tidak dipertandingkan lantaran tuan rumah belum memiliki lintasan yang memadai.

Lebih jauh Kurmin menilai, kejuaraan ini akan mengatasi kejenuhan para atlet akibat berlatih yang cukup keras namun tanpa adanya pertandingan se kelas PON. “Perlu diingat juga hadiahnya lebih besar dari Piala Gubernur di DKI yang baru lalu,” kata dia. Kejuaraan akan terbagi dalam dua klasifikasi masing-masing grade A pria 199 dan ke bawah, grade B pria 189 dan ke bawah serta grade A wanita 189 dan ke bawah , grade B wanita 179 dan ke bawah.

Seluruh pertandingan, menurut Kurmin, dipertandingkan tanpa melalui babak kualifikasi dengan format 10 gim untuk pria dan 8 gim untuk wanita. Kejuaraan ini akan berlangsung di venue bowling centre di Jakabaring Sport City. Sebelum gelaran piala gubernur, ditempat yang sama akan diadakan Kejuaraan Nasional persisnya pada 29 September ini. Sedangkan rangkaian penutupnya adalah kejuaraan dunia yang akan berlangsung pada awal November nanti.

Sementara itu Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, menjelaskan Kejuaraan Boling Piala Gubernur 2019 merupakan salah satu ajang bergengsi dalam olahraga boling di Tanah Air, khususnya di Sumatra Selatan. Untuk itu, dirinya meminta PBI Sumsel dan PBI pusat untuk dapat menjadikan Piala Gubernur sebagai agenda rutin sehingga bibit atlet dapat di lihat dan dipantau secara periodik.

Selain itu Kejuaraan Piala Gubernur, Kejuaraan Nasional dan Kejuaraan Dunia boling ini untuk mengoptimalkan penggunaan lokasi pertandingan eks Asian Games di Jakabaring. “Untuk kejurnas, kami akan bantu pendanaan sedangkan ajang ini sudah ditanggung oleh pak Kurmin,” kata Herman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *