Dengan E-Hubdat, Dirjen Budi Awasi Kinerja Bawahannya

JAKARTA (4/9) – Direktorat Jenderal Perhubungan Darat merilis E-Hubdat, yaitu sebuah sistem integrasi yang dibangun untuk pengawasan dan pengendalian kinerja di lingkungan Ditjen Hubdat.

Launcing E-Hubdat dilakukan oleh Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi, disampingi seluruh Direktur di Ditjen Perhuhungan Darat dan disaksikan oleh 25 Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) si Jakarta, Rabu (4/9)

Pada saat yang bersamaan dilakukan Penandatanganan Peraturan Dirjen Hubdat Tentang Sistem Pengawasan dan Pengendalian Kinerja Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Sekretaris Ditjen Perhubungan Darat Cucu Mulyana menjelaskan, E-Hubdat bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengawasan serta pengendalian kinerja, agar semua pihak dalam organisasi dapat lebih tangkas dalam merespon perubahan strategis.

Hadirnya E-Hubdat merupakan salah satu jawaban atas tantangan kemajuan zaman khususnya dalam ranah teknologi informasi dan komunikasi.

Munculnya sistem E-Hubdat dirasa sangat relevan dengan kondisi terkini di lingkungan kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yang memiliki banyak sistem aplikasi aktif yang tersebar di 5 (Lima) unit kerja Eselon II.

Selain itu, dengan munculnya sistem teknologi informasi dan komunikasi yang semakin cepat berkembang, maka tentunya kita sebagai pengguna harus cepat menyesuaikan perubahan zaman.

Lewat sistem yang terintegrasi ini diharapkan dapat mengefisiensikan belanja perjalanan dinas tiap tahun, mempermudah akses data dan monitoring pegawai, juga membuktikan transparansi pelaksanaan tugas.

Ke depannya E-Hubdat akan dapat membantu kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik terlebih membantu para pimpinan unit kerja untuk melakukan pengendalian kinerja.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam sambutannya mengatakan, jika kita inline dari atas ke bawah dan kita kawal semuanya tanpa ada conflict of interest,  saya kira semua bisa berjalan dengan bagus. “Terkadang kita lemah dalam pengawasan karena luasnya wilayah kerja kita,” urai Dirjen Budi.

Sistem aplikasi E-Hubdat ini berfungsi untuk melaksanakan pengawasan dan pengendalian yang efisien dan efektif dengan mengembangkan sebuah sistem aplikasi induk yang terintegrasi di seluruh unit kerja Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.

Budi  mengapresiasi dengan adanya sistem E-Hubdat yang akan mempermudah dirinya untuk melakukan pengawasan terlebih untuk menghindari adanya kemungkinan penyelewengan atau penyimpangan atas tujuan yang akan dicapai.

“Melalui pengawasan diharapkan dapat membantu melaksanakan kebijakan dan untuk mencapai tujuan yang telah direncanakan secara efisien dan efektif.

Dengan adanya pengawasan maka perencanaan yang diharapkan dapat terpenuhi dan berjalan dengan baik,” ujar Dirjen Budi.(hpr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *