Bekali Anak Dengan Keterampilan Berbahasa Inggris yang berkwalitas Lewat I Can Read

JAKARTA (IndependensI.com) – Dengan zaman yang berubah semakin cepat, mahir berbahasa Inggris menjadi salah satu faktor penting agar dapat bersaing di era global dan digital saat ini. Sadarnya para orangtua akan pentingnya keterampilan bahasa Inggris menjadi pertimbangan dalam proses pembelajaran anak, terutama pada masa Golden Age, di mana anak sedang dalam kondisi optimal dalam menyerap informasi dan keterampilan baru, khususnya dalam keterampilan berbahasa Inggris.

Oleh karena itu, pemaparan terhadap bahasa Inggris yang baik dan benar harus diiringi dengan metode yang tepat, memastikan anak memiliki fondasi bahasa Inggris yang kuat yang dapat digunakan sampai seterusnya. Hal inilah yang menjadi landasan I Can Read sebagai kursus bahasa Inggris dalam memberikan solusi terbaik untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris anak.

Afan Suryadi, Managing Director I Can Read Indonesia mengungkapkan bahwa I Can Read berbeda dibandingkan kursus bahasa Inggris lainnya dikarenakan metode yang digunakan terbukti efektif dan efisien yang dapat mempermudah dan mempercepat anak dalam mempelajari bahasa Inggris. “kelebihan metode I Can Read adalah dengan menggunakan pendekatan ‘skill-by-skill’, yang meliputi semua kemampuan dasar bahasa Inggris yaitu reading, listening, speaking dan writing.

Metode I Can Read ditujukan untuk membangun keterampilan bahasa Inggris yang kuat pada anak sejak dini melalui kesadaran fonologis, sehingga dapat membantu anak dalam mempelajari bahasa Inggris secara efektif dan efisien,” ujarnya.

Ditemukan pada tahun 2000 oleh psikolog pendidikan anak asal Australia, berawal dari proses menemukan sebuah cara untuk menangani masalah anak dengan kesulitan membaca. Setelah penelitian menyeluruh selama 15 tahun, terciptalah metode yang kini disebut dengan Metode I Can Read.

Program belajar di I Can Read dimulai dari usia 2.5 sampai 16 tahun. Secara unik menggabungkan berbagai gaya belajar seperti auditori, visual, dan kinestetik yang membantu anak belajar secara efektif dan efisien, yang dapat mempermudah dan mempercepat anak mahir bahasa Inggris.

Metode khas ini mengajarkan anak dengan teknik pelafalan, sehingga anak dapat membaca kata secara tepat bahkan untuk kata yang belum dikenal sebelumnya, dirancang sedemikian rupa sehingga keterampilan akan tertanam dalam ingatan jangka panjang anak.

Penggunaan teknik dan metode yang tepat akan berpengaruh secara signifikan dalam proses belajar anak, terutama pada masa Golden Age. Hal ini dibenarkan pula oleh Konsultan Psikolog Pendidikan Achsinfina Sinta, Setiap anak punya gaya belajar dan kemampuan menerima keterampilan baru yang berbeda-beda. Maka dari itu metode pembelajaran yang tepat akan secara signifikan mempengaruhi kesuksesan anak dalam memahami keterampilan baru, khususnya bahasa Inggris.

Tahap pembelajaran bahasa Inggris terbaik untuk anak pada masa ini adalah reading, yang kemudian berlanjut ke tahap lainnya yaitu listening, speaking, dan writing. Maka dari itu fondasi reading yang kuat akan menjadi aset yang sangat bermanfaat untuk tahap selanjutnya, jelas Sinta.

Mempunyai keterampilan bahasa Inggris yang baik, tentunya akan membuka peluang prestasi. Hal inilah yang dirasakan oleh Mateo Rafe Winarta, Alumni I Can Read. “Aku mengikuti kursus I Can Read dari umur 3 tahun, selama 10 tahun belajar dan aku sangat merasakan manfaatnya bahkan sampai sekarang, setelah lusus. Tahun ini aku mengikuti World Mathematics Invitational (WMI) di Jepang dan berhasil meraih medali perunggu. Keterampilan “higher order thinking” yang dipelajari di I Can Read sangat membantu. Aku dapat dengan mudah memahami soal cerita yang semuanya dalam bahasa Inggris, dan aku dapat menjawab soal-soal tersebut dengan baik,” ceritanya.

Semakin tingginya daya saing yang bahkan dimulai sejak di bangku sekolah menjadi sebuah tantangan tersendiri. Hal ini juga yang mendorong I Can Read untuk terus memfasilitasi anak dengan materi pembelajaran bahasa Inggris lanjutan, yang dapat mempersiapkan anak agar mampu bersaing dan berprestasi di sekolah maupun pada ujian formal melalui program terbaru, English 1 to 6. “Program ini khusus kami rancang untuk anak usia sekolah dasar s/d 16 tahun. Harapannya dengan program baru ini, anak akan menjadi lebih percaya diri dengan kemampuan bahasa Inggris mereka. Bahasa Inggris sekarang menjadi aset yang penting dalam kehidupan, dan I Can Read dapat memberikan anak bekal keterampilan yang dapat digunakan sepanjang hidup mereka,” tutup Afan.