BPK Terpilih Sebagai External Auditor IMO Periode 2020-2023

Loading

JAKARTA (Independensi.com) Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) terpilih sebagai External Auditor IMO periode 2020- 2023 pada Sidang IMO di London.

Terpilihnya BPK sebagai BPK  External Auditor IMO periode 2020-2023 setelah mengalahkan Italia dan Inggris menjadi pelengkap kebahagiaan setelah sebelumbya Indonesia juga terpilih sebagai Anggota Dewan IMO Katagori C tahun 2020-2021.

Menhub Budi mengucapkan Selamat kepada BPK yang terpilih sebagai External Auditor IMO periode 2020 – 2023.

“Saya juga mengucapkan selamat kepada BPK yang terpilih sebagai External Auditor IMO Periode 2020 – 2023,” kata Menhub.

Pengalaman bergengsi dua kali mengaudit lembaga Internasional pastinya menambah kepercayaan bagi negara anggota IMO sehingga  secara meyakinkan mereka.mereka memberikan suaranya bagi Indonesia.

Pada kesempatan terpisah, Dirjen Agus menjelaskan, pada putaran pertama pemilihan, Indonesia berhasil mengungguli Italia dan Inggris dengan perolehan suara sebesar 64 suara, dibandingkan dengan Inggris yang mendapatkan 45 suara dan Italia yang mendapatkan 24 suara.

“Namun demikian, karena perolehan suara yang diperoleh oleh Indonesia tidak memenuhi jumlah suara minimal yang diperlukan untuk dapat terpilih, yakni 72 suara, maka dilakukan pemilihan putaran kedua,” ungkap Dirjen Agus.

Selanjutnya, pada pemilihan putaran kedua Indonesia akhirnya berhasil memperoleh suara mayoritas sejumlah 75 suara mengalahkan Inggris yang dengan perolehan 64 suara dari total 142 pemilih, di mana 3 di antaranya abstain.

“Saya harap, dengan terpilihnya BPK menjadi external auditor IMO semakin menunjukkan eksistensi Indonesia di kancah pergaulan Internasional, khususnya pada sektor maritim,” tutup Dirjen Agus.(hpr)