KM EL.02 mengalami kecelakaan akibat diterjang gelombang tinggi

KM EL 02 Tenggelam di Perairan Bangka

Loading

BANGKA (Independensi.com) – KM EL No.2 mengalami kecelakaan dan akhirnya tenggelam di perairan Bangka, Minggu (12/1) Awak kapal yang berjumlah 14 orang dilaporkan selamat.

KM. EL No.2 GT. 1049 bertolak dari Pelabuhan Sunda Kelapa Jakarta dengan tujuan Pontianak pada tanggal 9 Januari 2020 pukul 07.00 WIB.

Kapal yang bermuatan general cargo dengan jumlah 1.015 ton tersebut mengalami trouble mesin. Ombak
disekitar perairan cukup tinggi, kapal terombang ambing cukup lama kemudian kapal diterjang ombak.

Minggu 12 Januari sekitar pukul 03.00 WIB KM EL No.2 dilaporkan tenggelam di titik koordinat :03°03’079”S/107°18’043”E di perairan sekitaran Bangka.

Setelah memastikan kapal tidak bisa diselamatkan, nakhoda memerintahkan seluruh kru kapal untuk meninggalkan kapal dengan menurunkan life raft kelaut.

Semua muatan kapal ikut tenggelam. Semua buku pelaut dan ijazah pelaut dapat diselamatkan, termasuk
dokumen kapal, dan tidak ada pencemaran laut akibat kejadian ini.

Pada pukul 04.17 WIB KM.Tetap Jaya melintas dan membantu menyelamatkan semua crew KM.El No.2. Semua kru kapal yang berjumlah 14 orang berhasil diselamatkan oleh KM.Tetap Jaya tujuan Tanjung Pandan. Saat ini semua kru dan kapal yg menyelamatkan berada di KSOP Tanjung Pandan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa Ridwan Chaniago menjelaskan, sesaat setelah kejadian, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas
Pelabuhan Kelas III Sunda Kelapa menyebit dugaan sementara penyebab kecelakaan kapal ini disebabkan angin kencang dari arah Barat Daya datang tiba–tiba dan mengakibatkan
gelombang tinggi, serta faktor teknis yaitu terjadi trouble engine. (hpr)