(Ist)

Terkait Corona, Pemerintah Didesak Terbitkan “Travel Warning”

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen mendesak pemerintah untuk segera menerbitkan travel warning bagi warga negara Indonesia (WNI) yang akan bepergian ke China terkait mewabahnya virus corona di negara itu.

Rudianto menegaskan, pemerintah  tidak perlu menunggu rekomendasi dari World Health Organization (WHO) untuk mengeluarkan Travel Warning.

“Kenapa kita harus menunggu WHO? Pemerintah, khususnya Menteri Luar Negeri dan Menteri Kesehatan harus proaktif untuk menerbit Travel Warning menyangkut virus Corona,” tegas Rudianto Tjen, baru-baru ini.

Dia menegaskan, penyebaran wabah Corona sudah sangat serius. Apalagi jumlah korban jiwa dan terinfeksi virus Corona terus bertambah banyak.

Karena itu, Rudianto menyatakan pemerintah tidak perlu menunggu rekomendasi WHO ketika penyebarannya sudah semakin memprihatinkan.

“Kondisinya sudah sedemikian serius dan ini menyangkut kesehatan dan nyawa anak bangsa. Pemerintah harus menerbitkan travel warning,” papar Rudianto Tjen.

Seperti diketahui, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hingga saat ini pemerintah Indonesia belum mengeluarkan travel warning bagi warga negara Indonesia yang akan bepergian ke China terkait mewabahnya corona virus di negara itu.

Budi menegaskan, pemerintah masih menunggu rekomendasi dari World Health Organization (WHO).

Saat ini pemerintah Indonesia baru melarang penerbangan dari atau ke Wuhan, China, kota yang disebut jadi sumber penyebaran corona virus.