Presiden berbincang dengan Susi Susanti dalam acara Perayaan Imlek Nasional “Bersatu Untuk Indonesia Maju” di ICE BSD, Tangerang, Kamis (30/1). (Foto: Humas/Anggun)

Presiden Jokowi Dengarkan Cerita Susi Susanti Berjuang Harumkan Bangsa

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendengarkan cerita dari mantan pemain bulutangkis peraih medali emas, Susi Susanti, saat berjuang mengharumkan nama bangsa di kancah kompetisi internasional seperti olimpiade.

“Saya mau tanya Mbak Susi. Dulu saat pertama meraih emas di Olimpiade, apa sih yang dipersiapkan dan waktu dapat emas itu rasanya seperti apa? tanya Presiden kepada Susi Susanti dalam acara Perayaan Imlek Nasional “Bersatu Untuk Indonesia Maju” di ICE BSD, Tangerang, Kamis (30/1).

Dalam kesempatan itu, Susi Susanti menjawab bahwa dirinya berlatih antara 8 sampai 9 jam dan adanya dukungan dari Ketua PBSI saat itu, Try Sutrisno.

Ia juga menyampaikan perasaan keharuan dan kebanggaan sebagai anak bangsa bisa memberikan yang terbaik saat mendengarkan lagu Indonesia Raya dikumandangkan dan bendera Merah Putih berkibar.

Lebih lanjut, Presiden juga menyampaikan bahwa di dunia olahraga utamanya bulu tangkis ada beberapa nama yang mengharumkan nama bangsa seperti Susi Susanti, Alan Budikusuma, Kevin Sanjaya, Markus, Candra Wijaya, Butet, Jojo (Jonathan Cristie, red) dan masih banyak lagi.

Kepala Negara juga menyampaikan salah satu contoh yang dapat ditiru adalah kemampuan keturunan Tionghoa dalam berbisnis.

“Rata-rata memang jago di dagang, jago di bisnis, baik itu di industri manufaktur, di industri jasa, dan lain-lainnya, karena memang kita harus mengakui keturunan Tionghoa adalah pekerja keras, itu bisa kita lihat,” ujar Presiden.