Balitbu Tropika Gandeng Pihak Swasta Dalam Pengembangan Pepaya Merah Delima

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Kualitas varietas  pepaya merah delima tidak perlu diragukan lagi baik dari segi rasa, penampilan daging buah dan kekenyalan buah. Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Balai Penelitian Tanaman Buah (Balitbu) Tropika menggandeng pihak swasta yakni  PT.Great Giant Pineapple (PT. GGP) dalam percepatan penelitian, pengembangan dan pendampingan teknologi tanaman buah tropika.

Kepala Balitbu Tropika Dr. Ellina Mansyah mengatakan bahwa seturut arahan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Dr. Ir. Fadjry Djufry MS  bahwa dalam hasil inovasi untuk pepaya delima merah perlu dilakukan percepatan pengembangan serta terobosan yang dapat di sinergikan dengan pihak swasta.

” Oleh karna itu bersama PT. GGP kami telah membuat kesepakatan perjanjian kerjasama yang telah ditandatangani pada 20 September 2018 yaitu kerjasama khususnya dalam penelitian, pengembangan dan pendampingan teknologi tanaman buah tropika,” kata Ellina.

Ellina mengatakan bahwa PT.GGP sangat tertarik untuk mengadopsi varietas unggul pepaya Merah Delima. Pepaya hasil inovasi Balitbangtan ini diakui oleh PT GGP mempunyai ukuran buah sedang, rasa sangat manis, warna daging orange kemerahan dan rongga tengah berbentuk bintang yang menjadi salah satu ciri khasnya.

Melalui Departemen Crop Improvement yang dikomandani oleh Margo Trilaksono, SP. M.Si telah merintis riset prospek pengembangan pepaya Merah Delima sejak tahun 2018. Berdasarkan hasil uji adaptasi dan uji preferensi pepaya merah delima layak untuk untuk menjadi salah satu komoditi yang dikembangkan oleh PT GGP Lampung.

“Saat ini PT.GGP sedang fokus melakukan pemurnian kembali pepaya merah delima sekaligus mempersiapkan kebun “mother plan” untuk produksi scion dalam perbanyakan pepaya merah delima melalui metode grafting,”ucapnya.

Ellina menambahkan bahwa Metode grafting dipilih untuk perbanyakan karena akan dihasilkan tanaman pepaya merah delima yang seragam, hermaprodit dengan bentuk buah silindris sesuai dengan pohon induknya. Pengembangan pepaya Merah Delima ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan permintaan pepaya di dalam negeri dan jika memungkinkan tujuan ekspor.

“Selain itu, saat ini  PT GGP juga bermitra dengan petani untuk pengembangan pepaya kuning, sebagai salah satu bahan baku olahan tropical fruit salat untuk di ekspor ke luar negeri,” tukasnya.(wst)