HIPPINDO Tingkatkan Perekonomian Indonesia melalui Hari Belanja Diskon Indonesia 2020

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mendorong masyarakat untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam negeri. Ini untuk membantu upaya pemulihan perekonomian nasional yang terimbas pandemi.

“Belanjalah produk-produk Indonesia, belanjalah hasil karya UMKM Indonesia, karena dengan berbelanja anda ikut berkonstribusi untuk pemulihan ekonomi Indonesia,” ungkap Airlangga dalam acara peresmian Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) 2020, Jumat (14/8/2020).

Pelaksanaan HBD Indonesia kali ini berbeda dari biasanya. HBD Indonesia diadakan secara virtual dengan mengusung tema #BelanjaUntukIndonesia. Acara pembukaan tahun ini diadakan melalui aplikasi Zoom (14/8), HIPPINDO selaku penyelenggara program menggandeng pengusaha-pengusaha nasional serta UMKM sebagai pembicara pada acara kali ini.

Melalui topik #BelanjaUntukIndonesia, HBD Indonesia bertekad untuk menghidupkan kembali roda ekonomi nasional serta industri ritel Indonesia di masa Pandemi COVID-19. Program HBD Indonesia juga mendukung program Satgas Covid-19 dengan menyelenggarakan pengalaman berbelanja yang patuh pada protokoler Covid-19 secara disiplin.

Ia mengatakan, pandemi Covid-19 telah memukul sebagian besar pelaku usaha dalam negeri, tak terkecuali pelaku UMKM. Sektor UMKM terimbas baik dari sisi pasokan dan permintaan produk, sehingga menyulitkan produksi maupun penjualan.

“Beberapa sektor yang jadi unggulan dan digeluti UMKM yakni ritel dan resto, biasanya jadi bisnis pemula atau bisnis awal dari anak-anak muda, saat ini juga terdampak pandemi,” ungkapnya.

Oleh sebab itu, pemerintah berupaya untuk membangkitkan lagi perekonomian dalam negeri dengan menganggarkan stimulus bagi sektor UMKM sebesar Rp 123,46 triliun.

Selain itu, pemerintah juga memberikan bantuan tunai langsung (BLT) sebesar Rp 2,4 juta bagi karyawan dengan gaji dibawah Rp 5 juta per bulan, tujuannya untuk meningkatkan daya beli masyarakat.

“Program subsisi pendapatan ini untuk tingkatkan daya beli dan terciptanya permintaan pada produk UMKM,” kata Airlangga. Di sisi lain, Airlangga mengapresiasi kegatan HBDI yang diselenggarakan Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) dengan melibatkan 300 brand offline dan marketplace.

Sebab, kegiatan ini dinilai dapat mendorong peningkatan konsumsi masyarakat sehingga ekonomi dapat kembali pulih. “Program hari belanja diskon Indonesia ini diharapkan bisa berkontribusi untuk mendorong pemulihan ekonomi Indonesia melalui konsumsi,” pungkasnya.

HIPPINDO selaku penyelenggara HBD Indonesia juga berkolaborasi dengan Marketplaces ternama Indonesia yang diantara lain seperti Tokopedia, Blibli, Lazada dan Gojek demi menciptakan pengalaman berbelanja HBD Indonesia yang mensinergikan dunia ritel offline dan online.

Vice President of Physical Goods Tokopedia Indra Yonathan mengatakan, “Kami turut menyampaikan selamat dan dukungan kami atas digelarnya Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) tahun ini yang untuk pertama kalinya turut menggandeng platform online, salah satunya perusahaan teknologi buatan Indonesia dengan marketplace terdepan Tokopedia. Kami percaya bahwa sinergi antara offline dan online ini akan menjadi penggerak perputaran roda ekonomi Indonesia, terutama di tengah pandemi kali ini.”

“Blibli merasa senang dapat menjadi bagian dari penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia 2020 (HBDI 2020). Blibli tentunya akan terus mendukung sinergi platform offline dan online agar dapat meningkatkan sektor konsumsi rumah tangga dalam mendorong pertumbuhan perekonomian Indonesia. ” Ucap Senior Vice President of Merchant Sales. Development. & Operations Blibli Geoffrey Lew Dermawan,

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintahan Gojek Shinto Nugroho, menambahkan, “Dukungan kami terhadap penyelenggaraan HBD Indonesia sejalan dengan komitmen Gojek untuk menjadi yang terdepan dalam menciptakan dampak sosial dan ekonomi secara luas bagi masyarakat pada umumnya, dan anggota ekosistem kami pada khususnya. Kami berharap HBD Indonesia menjadi momentum penyemangat anak bangsa dalam bersatu, bahu-membahu mendukung para pelaku bisnis termasuk UMKM agar dapat bangkit kembali melalui masa-masa penuh tantangan ini, sejalan dengan semangat gotong royong #banggabuatanIndonesia.”

Chief Marketing Officer Lazada Indonesia Monika Rudijono menjelaskan, “Lazada selalu berkomitmen untuk mendukung perekonomian di negara tempat kami beroperasi, oleh karena itu kami menyambut baik kerjasama dengan HIPPINDO, yang memungkinkan percepatan migrasi ritel dari offline ke online. Oleh karena itu, dengan kerjasama ini, kami berharap lebih banyak merk akan bergabung dalam rangka memperluas jangkauan pangsa pasar, menjaga hubungan dengan pelanggan sehingga dapat membantu mempercepat pemulihan perekonomian nasional.”

Mengambil topik diskusi mengenai Belanja Untuk Indonesia serta ajakan untuk berpartisipasi dalam HBD Indonesia 2020, acara yang berlangsung selama 1 jam ini berhasil menarik perhatian para masyarakat Indonesia dan pegiat industri ritel. Bercerita dan berbagi ilmu tentang program dan kegiatan dari HBD Indonesia,  Budihardjo Iduansjah selaku Ketua Umum HIPPINDO, menghimbau agar seluruh masyarakat diharapkan dapat mengambil bagian dalam meningkatkan daya beli masyarakat untuk menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi Ekonomi.

“Pada program yang ke-4 ini, HBD Indonesia diikuti oleh 300 merek lokal, internasional serta UKM, 40.000 gerai, 4 marketplaces, di lebih dari 85 kota di seluruh Indonesia” Ujar Ketua Panitia HBD Indonesia Fetty Kwartat.

Rangkaian HBD Indonesia 2020 telah mendapat dukungan penuh dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemenko Perekonomian), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop), Kementerian Perdagangan (Kemendag) serta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam pelaksanaannya. Inilah momentum Anda untuk berkontribusi dalam pemulihan ekonomi nasional dengan #BelanjaUntukIndonesia!