PAN Apresiasi Putusan Gubernur DKI Berlakukan PSBB Total

Loading

JAKARTA (Independensi.com) -Keputusan Gubernur DKI Jakarta untuk pemberlakuan PSBB total perlu diapresiasi. Diharapkan, dengan status tersebut penyebaran virus corona (Covid-19) dapat dikurangi secara signifikan.

Hal tersebut disampaikan Pelaksana Harian (Plh) Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay kepada para awak media, Kamis (10/9/2020).

Untuk itu, lanjut Saleh, seluruh anggota masyarakat dihimbau untuk mentaati kebijakan PSBB tersebut.

“Status PSBB ini harus diikuti dengan tindakan tegas. Kedisiplinan warga harus ditingkatkan. Tidak boleh hanya sebagian yang taat, sebagian lain tidak. Partisipasi seluruh masyarakat sangat menentukan keberhasilan penetapan status PSBB total ini,” kata Saleh.

Namun demikian, tutur Saleh, penetapan status PSBB total dinilai memiliki konsekuensi.

“Paling tidak, ini akan berimplikasi pada kegiatan perekonomian masyarakat,” tuturnya.

Menurut Saleh, masyarakat ekonomi menengah ke bawah paling merasakan akibat dari PSBB ini.

“Ini mesti harus dipikirkan. Setiap kebijakan, ada konsekuensinya. Pemerintah DKI tentu sudah memikirkan itu,” tegasnya.

Saleh berpendapat, bisa saja Pemerintah DKI Jakarta kembali memberikan bantuan sosial.

“Kali ini, harus diberikan bagi mereka yang benar-benar membutuhkan. Bantuannya harus tepat sasaran,” imbuh Penulis Buku Menghadang Corona, Advokasi Publik di Masa Pandemik ini.

Saleh menghinbau, kebijakan Pemerintah DKI ini perlu dipertimbangkan untuk diberlakukan di daerah lain.

“Terutama daerah yang dinilai masih zona merah. Mobilitas masyarakat harus betul-betul diatur dan dibatasi,” tutur anggota Komisi IX DPR RI ini.

Saleh mengatakan, sudah saatnya dipastikan tidak ada penularan antara satu daerah ke daerah lainnya.

“Indonesia sedang dipantau dunia internasional. Sudah 59 negara yang melarang kita untuk berkunjung. Tentu ini pekerjaan besar untuk memulihkan kondisi agar kembali seperti semula,” pungkas legislator asal Dapil Sumut 2 ini. (Daniel)