Direksi PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi :Usep Rahman Salim (Dirut), Maman Sudarman (Direktur Usaha) dan Johny Dewanto (Direktur Teknik) saat perayaan HUT ke 39 PDAM tanggal 29 September 2020. (jonder)

Di PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi: Pelayanan Prima Berbasi Teknologi  Permudah Pelanggan

Loading

BEKASI (IndpendensI.com)- Pelayanan Prima Berbasis Teknologi Informasi (PP/bti), untuk mempermudah semua pekerjaan di lapangan sehubungan dengan teknik dan pelayanan, kini sudah dilakukan di  Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bhagasasi Bekasi. Dengan penerapan PP/bti apa yang diharapkan terkait pelayanan prima dan cepat, dapat terwujud.

Alur pelaksaan tugas di lapangan terkait teknik di semua Kantor Cabang (Kacab) dan Kantor Cabang Pembantu (KCP) PDAM, tepat dan cepat, tidak lagi manual yang memerlukan proses lama. Penerapan PP/bti menyangkut teknik, berbasis teknologi informasi berdampak posotif bagi perusahaan dan pelayanan yang prima kepada masyarakat pelanggan, dapat ditingkatkan.

Dengan demikian, visi dan misi PDAM melayani air bersih bagi masyarakat Bekasi, dapat terwujud. Adapun pekerjaan yang berbasis teknologi informasi, menyangkut pengaduan pelanggan, pemasangan baru, penggantian meter air, pencabutan meter, dan penyambungan kembali.

Jika semua pekerjaan dilakukan  sesuai aturan, dan kehilangan air, penambahan SL dan efisiensi terwujud, akan meningkatkan  pemasukan bagi perusahaan, dan bermuara pada tingkat kesejahteraan pegawai.  PP/bti bertujuan  guna mencapai dan mewujudkan  target business plan atau perencanaan bisnis PDAM Tirta Bhagasasi Bekasi 2018-2023, secara bertahap akan dilakukan berbagai upaya.

Dekatkan Pelayanan

Di PDAM Tirta Bhagasasai Bekasi ini, guna mempermudah masyarakat  membayar rekening pemakaian air setiap bulan, tidak lagi mesti datang ke loket-loket  pembayaran. Tetapi, saat ini sudah dapat membayar rekening pemakaian air secara online kerjasama dengan lembaga perbankan BRI, BNI, bank bjb, kantor pos, dan sejumlah ritel seperti Indomaret, Alfmart, Dan+Dan,shopee, gojek, tokopedia, dan LinkAja.

Kerjasama ini merupakan kesepakatan bersama dalam meningkatkan serta mendekatkan pelayanan kepada masyarakat, tutut Direktur Utama  PDAM Tita Bhagasasi Bekasi, Usep Rahman Salim.

Dan terakhir kerjasama dengan Bank bjb. Adapun pembayaran dapat dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM), m-banking, auto debet, loket di kantor-kantor Bank bjb, Kantor Cabang Pembantu, Kantor Kas dan produk Laku Pandai.

Laku Pandai merupakan perluasan layanan Bank bjb, dimana Bank ini  menjalin kerjasama dengan nasabah Bank bjb sebagai Agen yang dapat melayani transaksi perbankan bagi masyarakat secara real time online menggunakan fitur bjb EDC dengan konsep sharing fee.

Dalam kerjasama melalui pembayaran online tersebut, 300.000 lebih pelanggan PDAM di wilayah Kabupaten dan Kota Bekasi, saat ini, sebagian besar diharapkan sudah menggunakan jasa online.  Cara ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi penagihan dan mempermudah pelanggan membayar rekening PDAM. Jadi, pelanggan tidak musti lagi harus datang ke loket-loket PDAM yang ada di Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu sebagaimana sebelumnya. (adv/jonder sihotang)