Disiplin Protokol Kesehatan adalah ‘Vaksin’ Terbaik Covid 19

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo mengatakan, saat ini pemerintah pusat melalui Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 terus mendorong upaya penguatan penanganan Covid-19 di daerah melalui perubahan perilaku, yaitu dengan menerapkan protokol kesehatan sebagai bentuk pencegahan.

Doni menegaskan, protokol kesehatan adalah ‘vaksin’ terbaik saat ini, mengingat belum adanya satupun vaksin Covid-19 yang lulus uji coba. Doni mendorong upaya penguatan penanganan Covid-19 di daerah melalui perubahan perilaku. Hal ini ia sampaikan saat rapat koordinasi penanganan Covid-19 di Kediaman Dinas Gubernur Provinsi Gorontalo, Rabu (7/10/2020).

“Selama belum ada vaksin maupun obat, mematuhi protokol kesehatan adalah vaksin terbaik sebagai upaya pencegahan penularan Covid-19,” kata Doni.

Doni juga mendorong agar Pemerintah Provinsi Gorontalo meningkatkan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan melalui media-media sosialisasi seperti televisi, pemberitaan media online, media sosial, poster, dan lain sebagainya. Sesuai dengan bahasa lokal yang dipahami masyarakat serta sesuai kearifan lokal daerah setempat.

Dia meminta pemerintah Provinsi Gorontalo bekerja sama dengan tokoh-tokoh masyarakat yang dipercaya dan dihargai sehingga pemahaman tentang penerapan protokol kesehatan dapat diterima dengan baik. “Pemerintah pusat maupun daerah serta masyarakat tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, kita harus bergerak bersama,” ujarnya.