Anggota Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/Bhakti Negara Pos Long Nawang mengajarkan murid-murid SDN 005 Long Nawang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, Rabu (28/10/2020).

Pupuk Jiwa Nasionalisme Anak-Anak Perbatasan

Loading

MALINAU (IndependensI.com) – Satgas Pamtas RI-MLY Yonif Raider 200/Bhakti Negara Pos Long Nawang mengajarkan murid-murid SDN 005 Long Nawang menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu cara untuk memupuk rasa nasionalisme dan cinta tanah air bagi anak-anak yang berada di perbatasan, seperti yang dilakukan anggota Pos Long Nawang, Kopral Dua Doni Surono, di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, Rabu (28/10/2020)

Kegiatan tersebut dilaksanakan ketika murid-murid yang ada di SDN 005 Long Nawang telah selesai menerima materi pelajaran, untuk mengisi waktu luang tersebut Doni mengajarkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia raya dan lagu nasional lainnya.

Dengan cara ini waktu mereka tidak terbuang sia-sia karena mereka bisa belajar dan bermain serta bisa memupuk rasa nasionalisme mereka.

“Mereka sangat senang dan bahagia bisa belajar dan bermain bersama bapak TNI,” kata murid kelas 3, Martinus Igang.

Siswa berusia 10 tahun itu juga berharap anggota TNI bisa memberikan pelajaran yang lain di saat senggang. Martin ingin mendapatkan ilmu lebih banyak selain dari yang mereka dapatkan di kelas.

Dansatgas Pamtas Yonif Raider 200/BN menyampaikan bahwa kegiatan seperti ini merupakan salah satu tugas prajurit yang berada di perbatasan. Tujuannya anak-anak tetap cinta dan bangga terhadap bangsanya sendiri.