50 Wisatawan di Puncak Reaktif Covid 19

BOGOR (IndependensI.com) – Libur panjang di tengah pandemi Covid 19 menjadi momok yang menakutkan. Jika masyarakat tidak dispilin menjalani protokol kesehatan selama berlibur maka penularan Corona akan naik signifikan. Di Puncak, Bogor puluhan wisatawan dinyatakan reaktif Covid 19 setelah menjalani rapid test oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor.

Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor telah merampungkan rapid test (tes cepat) pada wisatawan di kawasan Puncak, Rabu (29/10). Hasilnya, 50 orang dinyatakan reaktif.

“Dari 1.000 Rapid Tes Kit yang kita sediakan, ada 50 wisatawan luar Bogor yang dinyatakan reaktif. Di Telaga Warna ada 24 orang reaktif, kemudian 13 orang dari pos Gadog dan 13 orang tes di kantor Kecamatan Megamendung,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Mike Kaltarina.

Petugas kemudian melarang 50 wisatawan tersebut melanjutkan perjalanan dan diminta pulang untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing. Sebelum itu, mereka pun pun menjalani swab test (tes swab) di tempat.

“Yang reaktif itu, kita swab langsung ditempat. Nanti, hasilnya kita sampaikan jika sudah keluar dari laboratorium. Terpenting pendataannya sudah kita lakukan, baik nama dan tempat tinggalnya,” kata Mike.

Jika ada yang dinyatakan positif, Mike memastikan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah asal wisatawan tersebut untuk ditindaklanjuti pemerintah daerah masing-masing.
“Kalau mereka adalah warga kita, langsung akan kita lakukan tracing bersama Satgas Covid-19 Kecamatan untuk selanjutnya kita tangani,” tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *